magista scarpe da calcio SMPN 3 dan SMPN 27 Siap Berbasis Komputer


SMPN 3 dan SMPN 27 Siap Berbasis Komputer

 
MALANG - Selain Ujian Nasional (UN), sekolah mulai menyiapkan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN). Tahun ini, baru dua SMP negeri di Kota Malang yang siap menjalankan USBN berbasis komputer. Yakni SMPN 3 dan SMPN 27. 
"USBN untuk tahun ini masih ada dua SMPN yang siap melaksanakan USBN berbasis computer. Sedangkan untuk SMPN lainnya masih menggunakan kertas," ungkap Kepala Seksi Peserta Didik dan Kurikulum Bidang Pembinaan SMP Dinas Pendidikan Kota Malang, Dodik Teguh Pribadi, M.Pd kepada Malang Post, Kamis (1/2).
Dodik menjelaskan lebih lanjut, USBN berbasis computer untuk seluruh SMPN di Kota Malang pasti akan dilaksanakan secara bertahap, karena dengan menggunakan computer akan lebih menghemat biaya. Sementara itu, untuk prosedur operasional standar (POS) diungkapnya ada sedikit perubahan. 
"Memang USBN secara resmi belum ada keterangan dari pusat, namun yang sudah keluar adalah POS ujian nasional dan revisiannya," bebernya. 
USBN SMP bakal mengujikan delapan mata pelajaran. Pembuatan soal USBN, 75-80 persen materi naskah dilaksanakan guru-guru mata pelajaran di tingkat KKG atau Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP). Untuk penyusunan materi sisanya sebesar 20-25 ia mengatakan akan disiapkan oleh pusat atau Kemendikbud.
Semenatara itu, untuk SD saat ini masih dalam tahapan penyusunan untuk try out. Hal itu dikatakan oleh Koordinator Pengawas SD, Drs. Zainullah, M.Pd. Ia menjelaskan bersama 36 orang yang merupakan perwakilan guru SD di Kota Malang telah selesai menyusul soal try out ujian SD.
Zainullah mengungkapkan jika ada kendala yang dihadapi guru-guru untuk menyusun try out. Karena USBN kali ini membuat soal sendiri. Namun hal itu merupakan langkah awal mempersiapkan sejak dini peserta didik dalam menyongsong Ujian Sekolah.
Selain itu pihaknya juga menyusun soal Penilaian Akhir Tahun (PAT). Di mana tim penyusun akan membuat soal Ujian Sekolah sebanyak 40 soal untuk matematika, 50 soal Bahasa Indonesia dan 40 Soal untuk mata ujian IPA. Sedangkan soal PAT berbasis Tematik berjumlah 50 soal untuk masin –masing tema.
"Untuk kisi-kisi atau level soal dengan kategori ingatan, pemahaman, aplikasi dan penawaran nantinya sudah terungkap dan tertulis dari soal itu. Nantinya ujian masih berbahan kertas. Kemungkinan tahun depan menggunakan komputer. Tapi masih menunggu informasi lebih lanjut," pungkasnya. (eri/oci)

Berita Lainnya :

Copyright © 2018 Malang Pos Cemerlang Goto Top