Semangat Berkarya untuk Bangsa

 
MALANG - Perayaan Syukur 90 Tahun Kongregasi Frater Bunda Hati Kudus (BHK) berkarya di Indonesia berlangsung semarak. Ratusan peserta yang terdiri dari para frater, guru dan siswa dari Yayasan Mardi Wiyata ikut memeriahkan kegiatan yang dimulai Rabu (31/1) lalu. Perayaan diawali upacara pembukaan yang digelar di kantor Dewan Provinsial Indonesia Kongregasi Frater BHK. 
Upacara dimulai 09.00 WIB. Diawali penampilan yel-yel dari setiap kontingen saat memasuki lapangan. Penampilan yel-yel sebagai wujud kebersamaan dan motivasi serta bentuk penghormatan kepada pembina apel dan pengurus kongregasi yang berada di podium. Dengan penuh semangat setiap kontingen menampilkan kreativitas mereka dengan ciri khas daerah masing-masing.   
Dalam acara pembukaan, Ketua Yayasan Mardi Wiyata Fr. Dr. M. Monfoort, BHK, SE., M.Pd., MM, MH, mewakili Dewan Pimpinan Provinsial Indonesia Kongregasi Frater BHK bertindak sebagai pembina upacara. Amanat yang disampaikan berisikan pesan moral yang begitu tinggi, khususnya kepada para frater kongregasi BHK dan guru Mardi Wiyata.
"Usia 90 tahun Frater BHK  merupakan masa yang cukup untuk menjadikan diri semakin bijak. Mari kita bersatu sebagai langkah awal untuk maju, dengan tetap bersama di tengah suka dan duka. Junjung tinggi sikap kebersamaan dalam spiritualitas hati sebagai tanda keberhasilan," pesannya. 
Sikap bijak, lanjutnya, dapat diaktualisasikan dengan sikap optimis. Dengan berusaha melupakan rasa duka. Sebab, dengan menyesali keadaan, tak akan pernah mampu mengubah keadaan itu sendiri.
"Hanya dengan bergerak, melangkah dan berbuat yang bisa mengganti kedukaan menjadi bahagia. Jangan anda pesimis akan masa depan, terus berkarya dan hadapi tantangan," tegasnya.
Pria asal Flores ini memotivasi  untuk terus berusaha menjadi lebih baik, tidak berkecil hati dan tak surut langkah untuk mencapai cita-cita.
"Belajarlah selagi yang lain tidur, bekerjalah selagi yang lain bermalas-malasan dan bermimpilah selagi yang lain sedang berharap," pesannya. 
Sebagai kilas balik, 2 Februari 1928 silam, para Frater BHK pertama kalinya menginjakkan kaki di Malang. Mereka bergabung dengan Ordo Karmel dalam menjalankan tugas pengabdian di bidang pendidikan dalam satu naungan Keuskupan Malang. 
Maka pada tanggal 2 Februari 2018 ini, usia Kongregasi Frater BHK berkarya di Tanah Air genap 90 tahun. Seluruh keluarga besar Kongregasi Frater BHK merayakannya dengan penuh suka cita. 
"Dirgahayu 90 tahun Frater Bunda Hati Kudus berkarya di Indonesia, semoga Tuhan memberkati," ucap Frater Mon, sapaan akrabnya. (imm/sir/van)

Berita Lainnya :