Pamer Sejarah, China Ulas Jalur Sutra


MALANG - UMM dan Konsulat Jenderal Republik Rakyat Tiongkok (Konjen RRT) memamerkan sedikitnya 100 foto yang mengisahkan peradaban China. Pameran digelar di Malang Town Square (Matos) hingga Minggu, besok.  Selain menyuguhkan 100 foto, ekshibisi ini juga dilengkapi ulasan sejarah singkat tentang Sabuk Ekonomi Jalur Sutra Tiongkok pada abad 21.
Sejumlah pengunjung mengaku lebih menyukai foto view China, perkembangan teknologi, serta filosofi China dengan keunikannya. Salah satu foto yang menjadi favorit dari Xiang Xi oleh Li Xiaoying, wanita penenun dari Tujia Miao prefektur otonom Fi Xiangxi provinsi Hunan yang menggunakan alat tenun tradisional.
“Saya lebih suka ini sih, soalnya tradisional banget, alat tenunnya hampir sama kayak di Indonesia,” ujar salah satu pengunjung Endang Suraya Syarif.
Sementara itu, panitia sendiri mengaku terus mengevaluasi pameran dan berapa besar tingkat minat pengunjung. Harapannya, pameran yang diselenggarakan sampai 4 Februari ini mampu terus mengedukasi masyarakat umum terkait dengan China.
Pagelaran ini sengaja dilakukan jelang imlek pada 16 Februari. Kerja sama yang dibangun UMM selama ini berupa penyelenggaraan lomba pengetahuan umum Tiongkok pada 2017, kerjasama dengan 20 perguruan tinggi di China, serta intens melakukan pertukaran pelajar dan pengajar.
“Bahkan di UMM ada China Corner sebagai tempat mahasiswa belajar bahasa dan budaya China,” ujar Rektor UMM, Fauzan.  (mg3/oci)

Berita Terkait

Berita Lainnya :

loading...