Kuliah Gratis di Jurusan Kesling, Mau?

MALANG – Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Widyagama Husada Malang (Stikes WGH) masih mempunyai tiga kuota beasiswa bidikmisi. Bidikmisi yang tersedia adalah untuk jurusan Kesehatan Lingkungan (Kesling). Melalui bidikmisi, mahasiswa jurusan ini sudah tidak perlu lagi membayar uang kuliah.
Wakil Ketua III Bidang Perencanaan dan Kerjasama, Tiwi Yuniastuti, S.Si M.Kes mengatakan, bidikmisi untuk jurusan kesehatan lingkungan membutuhkan mahasiswa-mahasiswa yang berkualitas. Agar nantinya, lanjut dia, bisa menjadi pelaku industry kesehatan lingkungan yang bermanfaat bagi masyarakat.
“Ilmu kesehatan lingkungan sangat jarang sekali ada yang sarjana. Di Indonesia hanya ada dua. Yakni Stikes WGH dan Poltekkes Jakarta saja. Jadi, yang terpilih untuk bidikmisi adalah calon-calon sarjana yang disiapkan untuk siap kerja sebagai analisis lingkungan,” kata Tiwi.
Tiwi mengatakan, lulusan Kesling ini nantinya akan mempunyai prospek kerja yang luas. Sebab, lanjut dia saat ini, peluang kerja untuk sarjana kesehatan lingkungan dibutuhkan oleh perusahaan diberbagai sektor.
Misalnya, ia menyontohkan, prospek kerja kesehatan lingkungan tenaga sanitarian (sanitasi perumahan dan tempat umum bisa), petugas kesehatan lingkungan, dan tenaga prefentif di sebuah perusahaan, serta mengawasi kondisi lingkungan sanitasi rumah dan makanan. Untuk lainnya, lanjut dia, sebagai pengelolaan limbah industri dan rumah tangga, pengendalian penyakit pengelolaan limbah kesehagan lingkungan.
Sebab, lanjut Tiwi, mahasiswa nantinya akan dibekali materi yang mendalam tentang analisis dampak lingkungan (amdal) dan perencanaan lingkungan. “Itu sebabnya, saya bilang nantinya lapangan kerja mereka akan luas,” beber Tiwi.
Tiwi mengatakan, mahasiswa lulusan Kesehatan lingkungan akan lebih menunjukkan nilai kualitasnya ketika mereka mengikuti  Sertifikasi Profesi. “Saya selalu menyarankan mereka untuk mengikuti Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP). Agar setelah mereka lulus ada nilai plus ketika melamar pekerjaan,” tukasnya.
Selain itu, Tiwi mengatakan, keuntungan mengikuti LSP selain untuk nilai plus melamar kerja, juga sebagai bahan pertimbangan ketika mereka berwirausaha menggunakan ilmu analisisnya untuk menjadi konsultan Amdal. “Sekarang perusahaan sudah banyak yang membutuhkan ini. Bisa jadi peluang profesi juga,” kata Tiwi.
Untuk jurusan Kesling, Stikes WGH membuka dua kelas. Selain itu, dua jurusan lainnya, keperawatan dan kebidanan juga membuka dua kelas, dengan masing-masing sekitar 20 mahasiswa. (sin/oci)
 

Berita Terkait

Berita Lainnya :