Ajang Latihan Bermasyarakat dan Berkontribusi Positif


MALANG - Wakil Rektor 3 Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama UIN Maulana Malik Ibrahim (Maliki) Malang, Dr. KH. Isyroqunnajah, M. Ag memberangkatkan 2.688 mahasiswa Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM). Dalam sambutannya Gus Is, KH. Isyroqunnajah mengimbau kepada seluruh mahasiswa untuk tidak menjadikan KKM sebatas syarat memenuhi sistem kredit semester (SKS).
“KKM harus menjadi ajang untuk melatih hidup bermasyarakat dengan memberikan kontribusi positif, sesuai dengan bidang ilmu yang ditekuni. Bersikaplah yang baik dengan menjadi bagian dari masyarakat yang mampu memberikan manfaat," ucapnya.
Untuk itu, lanjutnya, setiap kelompok yang terdiri dari berbagai fakultas dapat bersinergi dengan mengoptimalkan kompetensi masing-masing.
"Bangun komunikasi yang intens dengan dosen pendamping, juga menjalin komunikasi dengan perangkat desa dan tokoh masyarakat dan tokoh agama setempat, agar ada agenda yang jelas," tegasnya.
Ia juga berharap mahasiswa KKM UIN Mengabdi 2019, pantang menolak jika dibutuhkan perannya oleh masyarakat terutama dalam program atau kegiatan keagamaan. Misalnya menjadi imam salat, khotib atau memimpin tahlil.
"Buktikan bahwa anda mahasiswa UIN Maliki yang telah berbekal ilmu agama," tambahnya.
Gus Is menegaskan, budaya yang telah terbentuk di lingkungan UIN Maliki tetap dipertahankan selama masa KKM. Misalnya masalah pergaulan antara laki-laki dan perempuan.
“Harus ada kontrol dengan sikap yang baik, jangan sampai melampaui batas, karena memang ada ikhtilaf bainan nisaa war rijaal,” tegasnya.
Ia menambahkan, jika selama ini mahasiswa cenderung menjadi konsumen di masyarakat, maka di KKM UIN Mengabdi 2019 mahasiswa harus berani mengambil peran dan mampu memahami kehidupan yang sesungguhnya.
“Oleh karena itu di hari-hari pertama harus pandai mengidentifikasi permasalahan dan apa yang dibutuhkan masyarakat dengan keberadaan mahasiswa. Hindari perpecahan dan timbulnya masalah baik antar teman, lebih-lebih dengan masyarakat,” sambungnya. (imm/adv/oci)

Berita Lainnya :