Ajarkan Siswa Belajar Mandiri dan Kritis


MALANG – TK Islam Al Amin 01 memberikan metode pembelajaran dengan mengedepankan pengajaran berbasis ke-Islaman. Dengan mengedepankan pembelajaran untuk membentuk menjadi generasi  yang mandiri, kritis, berkarakter dan berakhlakul karimah.
Program unggulan yang disusun di TK Islam Al Amin, muatan lokal ke-Islaman yang dikembangkan. Setiap Senin dan Kamis seluruh murid melakukan istigotsah, khusus Kamis ditambah dengan kegiatan salat berjamaah. Kemudian Senin – Kamis, murid-murid dipandu guru belajar membaca Iqra, serta belajar menghafalkan doa sehari-hari, seperti doa sebelum makan, setelah makan, bangun tidur dan doa-doa pendek lainnya.
“Seluruh kegaiatan yang diberikan kepada peserta didik tentunya untuk membiasakan dalam menerapkan dalam kehidupan sehari-hari, bisa terlatih secara mandiri dan tanpa harus menunggu perintah,” kata Kepala TK Islam Al Amin Siti khoirul Baryah S.Pd.
Sekolah yang terletak di Jalan Sidomulyo II No. 19 Blimbing ini, memiliki kelas A dan B dengan jumlah murid 18 siswa untuk kelas A, dan 23 siswa di kelas B. Sekolah juga membuat program membaca. Murid akan dilatih membaca dan mengeja. “ Latihan membaca ini dilakukan secara individual,  antara murid dan guru. Hal ini dilakukan agar guru bisa mengoreksi artikulasi murid dengan jelas dan membimbing lebih detail,“ terangnya.
Usia peserta didik 4-6 tahun juga berada pada fase emas anak, dimana anak ingin tahu banyak hal dan menerima semua stimulus untuk kemudian menjadiningatan anak. Disini peran guru memberikan bekal khusus untuk  murid agar nantinya bisa berkembang sesuai yang di inginkan. "Ada 6 pengembangan yang kami ajarkan disekolah, yaitu nilai - nilai agama, moral, sosial emosional, kognitif, bahasa, fisik motorik dan seni. Semua dikemas dalam bentuk pembelajaran yang menyenangkan dan bertema,” terangnya.
Pihaknya juga aktif mengikuti beberapa lomba, seperti mewarna dan PBB. Ini bertujuan agar anak terbiasa mandiri, tanggung jawab dan terlatih. “Terakhir kami mengirim 3 delegasi lomba mewarna tingkat Kota Malang dan satu delegasi dari sekolah ini menjadi juara favorit mewarna," tandasnya (mp5/sir/aim)

Berita Terkait

Berita Lainnya :