Please disable your adblock and script blockers to view this page


Atasi Gangguan Listrik di RSUD Pamekasan


Malang - Kegigihannya dalam mencapai sesuatu tercermin dari mahasiswi Program Studi Teknik Elektro ITN Malang, Kholifatin Aini Rahman. Pasalnya ketika menempuh skripsinya ia sempat terkendala data di lokasi penelitian. Namun Aini tidak putus asa, Ia lantas melakukan penelitian sendiri untuk mendapatkan data yang diinginkan berkaitan dengan Analisis Penempatan Single Tuned Filter untuk Mengurangi Harmonisa dan Kapasitor untuk Memperbaiki Profil Tegangan di RSUD Pamekasan.
Dalam penelitiannya, ia menganalisis gangguan profil tegangan dengan menggunakan software ETAP dan Harmonic Analysis. Ternyata profil tegangan listrik di RSUD tersebut mengalami undervoltage pada bus 9 dengan operasi tegangan sebesar 89.4 persen beban dasar dan 89.21 persen beban puncak.
“Karena itu tidak sesuai dengan standar PLN, maka perlu dilakukan pemasangan kapasitor. Namun, untuk pemasangannya membutuhkan Optimal Capacitor Placement untuk mengoptimalkan penempatan dan mengetahui jumlah serta rating kapasitor yang dibutuhkan pada rumah sakit tersebut,” ujar mahasiswa yang tergabung dalam tim PKM ini.
Ia melanjutkan, setelah dilakukan pemasangan kapasitor pada bus 9 dengan jumlah dua buah masing-masing kapasitas 167.93 kVAR untuk beban dasar dan 169.30 kVAR untuk beban puncak, profil tegangan bus 9 mengalami kenaikan.
“Naik menjadi 94.115 persen untuk beban dasar dan 93.23 persen untuk beban puncak. Untuk analisisnya saya menggunakan Single Tuned Filter karena lebih sederhana, tidak terlalu mahal, dan untuk ukuran rumah sakit yang tidak terlalu besar masih bisa menggunakan analisis ini,” ungkap Gadis asal Pamekasan, Madura ini. (lin/sir/oci)

Berita Lainnya :