magista scarpe da calcio Atraksi Silat dan Hadrah Sambut Siswa Thailand


Atraksi Silat dan Hadrah Sambut Siswa Thailand


MALANG - Siswa SMAN 6 Malang menyambut rombongan siswa dan guru dari Nongbua School Thailand dengan istimewa. Atraksi ekstra kurikuler (ekskul) unggulan sekolah sengaja disuguhkan menyambut para tamu yang tiba di sekolah.
Siswa ekskul Pencak Silat penuh semangat menampilkan gerakan-gerakan silat, peperangan, dan atraksi memecahkan pedang, bata, dan genting dengan menggunakan tangan kosong. Seluruh mata memandang kagum dan menghadiahkan tepuk tangan bergemuruh menyaksikan kesenian asli Indonesia tersebut.
“Ekstra kurikuler pencak silat ini adalah unggulan di SMAN 6 Malang,” ungkap Kepala SMAN 6 Malang Drs. Hariyanto, M.Pd.
Kedatangan peserta program pertukaran pelajar ini menurutnya dalam rangka pendatanganan MoU dengan Nongbua School Thailand. Sebelumnya pada November tahun lalu, SMAN 6 Malang telah mengirimkan delegasinya sebanyak 11 siswa dan 2 guru ke Nongbua School Thailand.
“Kami berharap dengan program ini siswa mendapat pengalaman baru dan dapat membagikan pengalamannya ke yang lain serta dapat memberikan manfaat yang lebih banyak lagi. Tentunya kami berharap program ini akan terus berlanjut pada tahun-tahun berikut,” kata Hariyanto.
Tak hanya itu, bahkan melalui Student Exchange Programme ini juga mampu mengikat tali persaudaraan antara kedua belah pihak yang diikat bukan berdasarkan darah namun dengan hati. Selama 11 hari, (12-22/3) kontingen akan diajak belajar mengenai seni dan budaya yang ada di Indonesia.
Sejak awal kedatangan, peserta Student Exchange Programme dari Nongbua School Thailand disambut meriah. Sebelum memasuki gerbang sekolah, sebanyak 14 siswa dan tiga guru Nongbua School Thailand diberi kalungan bunga untuk guru dan korsase bunga untuk siswa. Kemudian kontingen Nongbua School disambut dengan tari penyambutan, paskibra, pagar betis, serta diiringi dengan hadrah albanjari.
Sambutan meriah tersebut juga terlihat saat kontingen Nongbua School Thailand memasuki lapangan melewati pedang pora dan seluruh siswa SMAN 6 Malang memberikan tepuk tangan sampai kontingen tersebut duduk di kursi undangan. Acara penyambutan juga memberi kesan sakral dengan adanya upacara pengibaran bendera dan lagu kebangsaan dua negara.
Selama berada di SMAN 6 Malang, siswa Nongbua School Thailand akan diberikan kegiatan-kegiatan yang terbagi menjadi tiga yakni Class Imersion, Culture Exchange, dan Visiting Tourism Place. Yang mana kegiatan ini sekitar 80 persen lebih kepada kegiatan seni dan budaya.
“Nanti mereka akan kami ajarkan berbagai kesenian asli Indonesia mulai dari seni tari, batik, bahkan memasak. Kemudian pembelajarannya kami arahkan ke budaya pembelajaran, selain itu mereka akan kami kenalkan pula dengan tempat-tempat wisata yang ada di Kota Malang, kami ajak mereka ke Gunung Bromo,” papar Hariyanto.
Lebih lanjut, Student Exchange Programme ini memberikan banyak dampak positif bagi siswa, guru, dan SMAN 6 Malang pada umumnya. Melalui program ini pula siswa mampu meningkatkan kompetensinya di bidang seni, mengetahui bagaimana cara negara lain mempertahankan kebudayaannya sendiri dan melestarikannya, serta mampu meningkatkan kemampuan bahasa asing. Demikian juga bagi para guru adanya kegiatan ini memberikan dorongan yang kuat untuk terus meningkatkan kemampuan bahasa inggrisnya.
“Student Exchange Programme ini juga mempromosikan sekolah bahawa kami memiliki banyak prestasi non akademik yang cukup banyak, meskipun dari bidang akademik kami juga masih berproses,” pungkasnya. (mg7/oci)

Berita Terkait

Berita Lainnya :

Copyright © 2018 Malang Pos Cemerlang