Belajar dengan Gembira, Pelajaran Mudah Dicerna


MALANG - Belajar dengan hati yang gembira dan berpikir positif. Dua hal itulah yang diutamakan Kepala SDK Santa Maria 2, Sr. Veronique, M., SPM dalam menjalankan tugas pendidikan. Hal itu pula yang diamanahkan pada semua, baik guru, siswa maupun orang tua siswa.
Veronique mengatakan, suasana hati yang gembira akan membawa dampak yang positif bagi anak. Terutama saat proses pembelajaran. Suasana hati sangat berpengaruh pada kualitas belajar siswa.
“Kalau hati gembira maka pelajaran akan mudah dicerna dan gampang diingat,” katanya.
Selain hati yang gembira, juga harus berpikir positif. Sekecil apapun pikiran manusia, akan berdampak bagi dirinya dan lingkungan sekitarnya. Jika pikirannya positif, maka dampaknya pun positif. Demikian sebaliknya.
“Setiap diri kita harus mampu mengendalikan pikiran agar selalu berpikir positif. Sebab karya yang besar berawal dari rasa optimis dan pikiran yang positif,” ujarnya.
Ia melanjutkan, orang yang berpikir positif akan produktif. Sebab tidak ada waktu bagi dirinya untuk berpikir jelek, apalagi sampai dengki pada orang lain. “Demikian juga bagi para pelajar, pikiran yang positif akan mudah membawa dirinya mencapai prestasi,” ucap suster asal Jogjakarta.   
Cara membangun pikiran yang positif, kata Veronique, dimulai dari sikap bijaksana dalam menanggapi isu atau berita yang beredar. Media sosial, yang tengah akrab di kehidupan hampir setiap orang berpotensi memberikan berita-berita miring yang belum pasti kebenarannya.
“Mulailah bersikap bijak menanggapi berita. Jangan termakan dengan berita hoax. Agar kita bisa menentukan yang benar atau salah,” tuturnya.

Berita Lainnya :