Bersiap Hadapi UNBK, Ingat Ada Soal HOTS

MALANG - Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) SMA/SMK semakin dekat. Pelaksanaan UNBK tahun ini lebih maju jadwalnya dari tahun sebelumnya. Terutama bagi SMK akan dilaksanakan lebih awal. Karena tahun ini hari pelaksaanan UNBK antara SMA dan SMK tidak bersamaan.  SMK ujian lebih dulu yaitu pada tanggal 25 Maret sampai 28 Maret 2019 mendatang.
  Sedangkan SMA dilaksanakan pada tanggal 1, 2, 4 dan 8 April 2019. 
Ketua MKKS SMA Negeri Kota Malang Drs. Tri Suharno, M.Pd mengungkapkan, seperti sebelumnya pelaksanaan UNBK tahun ini dilaksanakan sebanyak tiga sesi. Hal tersebut karena terbatasnya sarana yang di setiap sekolah masing-masing berbeda. "Semoga semuanya lancar tanpa ada kendala yang berarti. Karena kita sudah empat tahun melaksanakan UNBK, tentu setiap kekurangan di tahun-tahun sebelumnya telah kita sempurnakan," katanya.  
Terkait kesiapan teknis dan sarana UNBK, Tri Suharno mengatakan, bahwa seluruh SMA Negeri di Kota Malang sudah siap melaksanakan ujian berbasis komputer. Untuk lebih meyakinkan, akan segera digelar simulasi dan try out UNBK.  
Simulasi UNBK SMA/SMK/MA rencananya akan dilakasanakan selama empat hari dimulai pada Senin (28/1) mendatang.  Sedangkan untuk try out pertama akan dilaksanakan pada tanggal 4, 5, 6 dan 8 Februari 2019. "Sudah kita kordinasikan semua, di tingkat MKKS maupun MGMP, agar disiapkan sebaik mungkin untuk menghindari kesalahan," ungkapnya.   
Dijelaskan juga soal UN tahun ini masih akan ditambahkan keterampilan berpikir tingkat tinggi atau yang disebut dengan HOTS (Higher Order Thinking Skills). “Kami kira untuk soal HOTS juga sudah disiapkan melaui kisi-kisi soal untuk diajarkan kepada siswa,” imbuhnya.
Terkait dengan soal, untuk USBN soal terdiri dari Pilihan Ganda sebanyak 90 persen dan soal uraian sebanyak 10 persen. Soal USBN disusun oleh masing-masing guru di satuan pendidikan yang dikonsolidasikan oleh MGMP dan KKG. Selain itu, masih ada soal dari Pusat sebanyak 20 sampai 25 persen. 
Untuk soal UNBK sendiri 100 persen akan disiapkan oleh Pusat. Semua soal UN akan berbentuk pilihan ganda, kecuali soal Matematika SMA/MA dan SMK/MAK yang terdiri dari pilihan ganda dan isian singkat.
Sementara itu,  untuk mengantisipasi terjadinya kesalahan teknis, anggota MGMP TIK SMA/MA melakukan pertemuan untuk sosialisasi. Sosiali yang dilaksanakan di aula SMAN 2 Kota Malang  terkait persiapan simulasi,  tryout dan UNBK, pada Hari Kamis (24/1) kemarin.  Nurul Firdaus sebagai koordinator Help Desk UNBK SMA/MA Kota Malang mengatakan,  sosialisasai berkaitan dengan sistem operator. "Yang kami tekankan masalah hardwere,  agar diperhatikan dengan baik. Agar tidak terjadi kerusakan dan sebagainya," ujarnya usai acara.  
Pihaknya juga telah membentuk tim area untuk antisipasi terjadinya masalah dalam hal sistem operator saat dilaksanakannya ujian. "Kami bentuk tim area barat, utara, timur dan selatan. Agar bisa bertindak dengan cepat jika ada kendala teknis di masing-masing area," terangnya. (imm/udi)

Berita Terkait

Berita Lainnya :