Besok, Pendaftaran Masuk MAN 2 Ditutup

MALANG - Pendaftaran siswa baru Jalur Reguler di MAN 2 Kota Malang ditutup, Sabtu (20/4). Bagi masyarakat khususnya calon siswa yang berminat diimbau untuk segera melakukan pendaftaran, mengingat waktu yang kian mendekati batas akhir. Setelah itu pendaftar menyerahkan berkas untuk diverifikasi oleh panitia. 
“Semakin cepat semakin baik,” ucap Kepala MAN 2 Kota Malang, Dr. Hj. Binti Maqsudah, M.Pd kepada Malang Post. 
Tes masuk bagi pendaftar akan dilaksanakan tanggal 27 April mendatang. Binti berharap, calon peserta bisa mempersiapkan diri agar bisa melaksanakan tes dengan baik dan lancar. 
“Siapkan diri sebaik mungkin, belajar yang baik dan jaga kondisi kesehatan. Agar saat hari pelaksanaan tidak sakit yang akhirnya menjadi kendala,” katanya. 
Selain itu, Binti manambahkan, calon siswa yang hendak mengikuti seleksi harus percaya diri. Karena dalam seleksi, selain tek akademik  juga ada tes Baca Tulis Quran dan psikologi. “Jangan lupa berdoa, karena semua Allah yang menentukan,” imbuhnya. 
Seperti tahun sebelumnya, MAN 2 membuka pendaftaran peserta didik baru dengan dua jalur. Yakni Jalur Prestasi Terpadu dan Reguler. Jalur prestasi terpadu telah dilaksanakan Bulan Februari lalu. “Yang jalur terpadu khusus alumni MTs Negeri 1 Kota Malang dan sudah kami laksanakan bulan Februari lalu tinggal proses untuk yang jalur prestasi,” ujarnya. 
Adapun dengan siswa yang boleh mendaftar dengan kategori prestasi khusus bagi mereka yang rangking sekolah (bukan lulusan MTs Negeri 1 Kota Malang). Rentang rangking yang ditentukan antara rangking 1 sampai 10, sesuai dengan jumlah kelas pararelnya. Selain itu juga siswa-siswi yang memiliki kemampuan di bidang non akademik. Dengan menunjukkan sertifikat atau piagam yang diperoleh semasa di SMP/MTs. “Kategori prestasi  dilihat dari sertifikat yang mereka dapatkan selama di MTs/SMP yang menggambarkan talenta-talenta yang mereka miliki,” ungkapnya. 
Ketua PPDB MAN 2 Kota Malang, Adi Siswanto, S.Pd mengatakan, jumlah siswa yang diterima di jalur Prestasi Terpadu sekitar lima puluh persen dari jumlah keseluruhan. Disesuaikan dengan jumlah pendaftar dan kriteria prestasi yang sesuai standar. “Kuota jumlah siswa baru yang akan kami terima sekitar 320. Tergantung nanti seberapa banyak calon siswa yang potensial,” katanya. 
Hasil seleksi akan diumumkan nanti pada tanggal 11 Mei 2019. Bagi siswa yang diterima diwajibkan mengikuti daftar ulang pada tanggal 18 sampai 25 Mei 2019. 
Selanjutnya siswa baru MAN 2 Kota Malang wajib mengikuti beberapa kegiatan. Seperti Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (MATSAMA). Tujuannya untuk pengenalan madrasah dan program-program yang ada di MAN 2 Kota Malang. 
Di masa pengenalan tersebut, guru akan melakukan pemetaan bakat dan bibit-bibit siswa olimpiade. “Yang pasti bakat di bidang olahraga dan seni. Sedangkan olimpiade dipetakan menjadi sembilan kelas mata pelajaran. Seperti astronomi, fisika, bahasa dan lain sebagainya,” terangnya. 
Semua siswa baru akan mengisi angket atau formulir terkait bidang peminatan yang akan mereka ikuti. Kemudian guru melakukan pembinaan dan memberiakan arahan program minat yang tepat untuk masing-masing siswa. “Karena kemauan siswa kadang tidak sesuai dengan potensinya. Dan itu tidak bisa kita paksakan, nanti akan tertinggal dan sulit berprestasi. Oleh karenanyam guru bertugas untuk membina dan memberikan arahan sesuai dengan bakat dan kemampuan masing-masing siswa,” tuturnya. (imm/oci)

Berita Terkait