Bikin Bangga, Siswa Madrasah Mahir Luncurkan Roket Air


MALANG - DI tengah meriahnya peringatan HUT ke-41 MIN 2 Kota Malang, Minggu (27/1), sejumlah roket meluncur membelah kerumunan orang tua. Roket-roket tersebut diluncurkan sembilan siswa yang sedang berlomba. Roket buatan para siswa MIN 2 Kota Malang ini memang tak sehebat roket ulang alik milik NASA. Roket air ini terbuat dari sebuah botol plastik.
Roket air ini bekerja menggunakan tekanan udara yang dihasilkan oleh pompa.  Botol yang dibentuk menyerupai roket akan meluncur bila diberi tekanan udara yang tinggi. Di dalam botol diisi sedikit air untuk menghasilkan tenaga semburan yang lebih besar. Prinsip kerja roket ini menggunakan teori fisika hidrostatis. Semakin kuat tekanannya, maka semakin besar dorongan roket dan semakin jauh jangkauan terbangnya. Tepuk tangan terdengar bergemuruh di lapangan madrasah saat roket-roket itu diluncurkan. Wajah siswa yang menjadi teknisi terlihat bangga saat roket-roket mereka meluncur hingga ketinggian mencapai lebih dari 30 meter.
Roket air merupakan program ekstrakurikuler terbaru di MIN 2 kota Malang. Keunikan dan korelasinya dengan sains membuat program ekstra ini banyak diminati siswa.  Terbukti,  aksi keren yang ditampilkan siswa dari ekstra roket ini banyak menyedot perhatian. Mulai dari orangtua, tamu dan masyarakat umum yang hadir di HUT ke-41 madrasah di Jalan Kemantren ini.  
Kepala MIN 2 Kota Malang Drs. Supandri mengatakan, ekstra roket baru dibuka mulai awal semester. Alasan dibukanya esktra ini, tak lain karena MIN 2 kota Malang menginginkan anak didiknya tidak gagap teknologi.  Apalagi di masa kini,  dimana ilmu pengetahuan berkembang pesat di segala bidang, termasuk bidang teknologi informasi.  
"Siswa MIN 2 tidak boleh ketinggalan. Seiring berkembangnya ilmu, maka pengetahuan dan keterampilan mereka juga harus berkembang," katanya. 

Berita Lainnya :