BTN Zone Unisma Tunjang Akademik dan Keuangan


MALANG - Universitas Islam Malang (Unisma) bersama dengan Bank BTN meresmikan 'BTN Zone', Selasa (23/7). Dengan mengedepankan efisiensi bidang keuangan hingga kemudahan dalam akses keilmuan, BTN Zone disebut akan menjadi sinergi yang saling melengkapi antara bidang akademik dan bidang praktis keuangan perbankan.
"Kita masuk era kolaborasi, jadi kita perkuat kerja sama dengan mitra. Tujuan utamanya untuk pengembangan human capital," terang Rektor Unisma Prof. Dr. Maskuri, M.Si.
BTN Zone sendiri nantinya berisi program-program yang akan mengakomodir kebutuhan akademisi kampus baik itu bidang keuangan, keilmuan, minat, sampai dengan program pengabdian masyarakat. Kolaborasi antara Unisma dengan Bank BTN dalam bentuk BTN Zone ini kedepannya akan menjadi sinergi strategis, sebab keduanya akan saling melengkapi antara sisi akademik dan sisi praktisi.
"Mudah-mudahan ini akan jadi kerja sama strategis. Mereka nanti bisa memberikan kuliah umum terkait perbankan untuk Fakultas Ekonomi dan Bisnis, atau juga terjun langsung untuk pendampingan UMKM bersama akademisi kita," lanjutnya.
Lebih lanjut, Prof Maskuri menyampaikan bahwa dalam kerja sama ini utamanya juga akan memberikan sentuhan digitalisasi terhadap sistem manajemen keuangan di Unisma. Sistem pembayaran biaya kuliah bagi mahasiswa tak perlu lagi menggunakan uang tunai, tapi bisa lebih efisien dengan 'digital payment' menggunakan aplikasi dalam telepon genggam. Sehingga sistem keuangan pun akan jadi lebih efisien dan transparan.
Wakil Pimpinan Wakil Wilayah III BTN, I Gusti Agung Komang Trimartha, menyebut bahwa kerjasama dengan Unisma sudah sejak lama terjalin, namun kali ini melalui BTN Zone menjadi upaya optimalisasi untuk saling melengkapi. Pihaknya juga sangat antusias dengan kerjasama selain di bidang manajemen dan keuangan.
"Tak hanya dari sisi keuangan, benar kita bisa adakan kuliah umum sebagai kolaborasi  keilmuan. Juga asistensi untuk UMKM, bisa masuk bersama, kita bisa memberikan solusi sesuai dengan bidang akademik dan keuangan," jelasnya.
Sementara itu, disebutkan juga bahwa dalam kerjasama ini akan mengupayakan peningkatan kesejahteraan para akademisi di Unisma. Yakni terkait dengan kebutuhan dasar seperti pembiayaan perumahan bagi para dosen maupun pegawai.
Selain itu, untuk BTN Zone di Unisma, Bank BTN menggelontorkan dana sekitar Rp 150 juta untuk memfasilitasi program-program yang telah dicanangkan terkait digital payment, hingga multimedia corner. (mg3/adv/oci)

Berita Terkait