Buka Optometri, Ma Chung Siapkan Ahli Optik


MALANG - Tahun terakhir dari pembaruan institusi, Ma Chung berkomitmen membuat institusi memenuhi syarat minimal universitas dengan 60% eksakta dan 40% sosial. Dalam menunjang upaya pembaruan tersebut, Ma Chung akan menghadirkan prodi unik yang terbilang jarang dimiliki perguruan tinggi swasta maupun negeri, yakni optometri.
“Prodi optometri disesuaikan dengan permintaan dan kebutuhan masyarakat dengan mempersiapkan teknisi di bidang optik. Hal ini karena adanya permintaan di dunia industri, sehingga kami berharap prodi ini akan dapat dibuka mulai tahun depan,” ujar Wakil Rektor 3 Ma Chung, Dr Ir Stefanus Yufra M Taeno MS MSc, usai ditemui Malang Post kemarin.
Yufra membeberkan, Ma Chung telah mengajukan izin prodi tersebut, sehingga diharapkan akan segera turun SK dari Kemenristekdikti. Saat ini, perguruan tinggi sudah diperbolehkan mengajukan izin prodi yang belum ada nomeklaturnya. Sehingga hal ini menjadi peluang Ma Chung dapat mengembangkan prodi terkini yang dibutuhkan dunia usaha.
“Awal prodi baru optometri nanti akan dibuka dengan jenjang D3. Namun memang kendala saat ini adalah pada tenaga dosen pengajar. Dosen optometri setidaknya harus S2, padahal baru Ma Chung yang mengawali prodi baru ini. Untuk memenuhinya, kami bekerja sama dengan praktisi dari luar negeri yakni bersama Malaysia,” tegas Yufra.
Menginjak usia ke 11 tahun, Ma Chung terus melakukan peningkatan kualitas secara bertahap mulai dari penguatan institusi selama empat tahun. Dilanjutkan dengan pengembangan dan pembaruan institusi yang ditargetkan hingga 2019 mendatang, dan pemantapan institusi hingga 2024.
“Ma Chung diharapkan menjadi salah satu contoh perguruan tinggi di Indonesia dengan manghasilkan iptek yang memperkuat pengembangan ilmu pengetahuan dan berguna bagi masyarakat khususnya bagi 400 mahasiswa Ma Chung,” tutup pria asli NTT itu. (ita/oci)

Berita Terkait

Berita Lainnya :

loading...