Catatan Sukses Diabadikan dalam Buku


MALANG - ITN Malang melaunching buku terbarunya yang berjudul 50 Tahun ITN Malang Membangun Bangsa. Buku yang ditulis oleh wartawan senior Malang Post Husnun N. Djuraid ini memaparkan lintas sejarah perkembangan ITN sejak berdirinya 50 tahun silam.
Di dalam buku setebal 205 halaman ini, dijelaskan sejarah berdirinya ITN sejak 4 Januari 1969 silam. Mulai dari masih bernama Akademi Teknik Nasional (ATN) hingga menjadi Institut Teknologi Nasional (ITN).
Terdapat 14 sub judul tulisan dalam buku 50 Tahun ITN Malang Membangun Bangsa. Antara lain berisi Harapan Pendiri Dan Yayasan, 50 Tahun Menuju Green and Sustainable Technology, Penghargaan dan Tropi Anugerah Kampus Unggul Kartika, Mahasiswa Milenial Dengan Tetap Menjaga Keindonesiaan, Kembangkan Inkubator dan Unit Usaha. Dan pembahasan terakhir, berjudul Kronologi Sejarah Berdirinya ITN Malang.
Dalam tulisan yang berjudul sejarah berdirinya ITN Malang, penulis mengupas tuntas perjuangan para pendiri ITN yang memiliki semangat yang tinggi untuk memajukan bangsa. Mereka adalah B.X Soeherman, H. Siswo Atmowidjojo dan R. Gonowijatdi PR.
Rektor ITN Dr. Ir. Lalu Mulyadi, MT mengungkapkan rasa syukur dengan terbitnya buku 50 Tahun ITN Malang Membangun Bangsa. Ia mengatakan di dalam buku tersebut bertuliskan semangat perjuangan para pendiri serta berbagai upaya yang telah dilakukan untuk perkembangan ITN hingga menjadi kampus papan atas.
"Semuanya tertuang dalam buku ini," ucapnya kepada Malang Post.

Menurutnya, kepercayaan masyarakat pada ITN Malang karena kualitas lulusan yang dihasilkan. Ribuan alumni yang berhasil dicetak ITN memegang peranan penting di berbagai penjuru Tanah Air. Baik di sektor pemerintahan, industri swasta maupun menjadi pengusaha. "Masyarakat menilai kami bukan dari casingnya tapi kualitas isinya," ungkap Lalu.
Berangkat dari kepercayaan yang terus meningkat itulah ITN Malang terus berbenah sehingga mendapatkan penilaian dari Dikti. Ia juga menganalogikan kampus ITN Malang sebagai pohon yang harus dirawat dengan baik. "Dengan perawatan yang baik tentu akan menghasilkan buah yang baik,"  tukasnya. (imm/oci)

Berita Lainnya :