Deretan Prestasi Jadi Bukti Kualitas Sekolah


MALANG - Bagi sebagian orang, kuantitas dianggap penting, meskipun yang terpenting tentu kualitas. Jumlah tidak menjamin mutu, tetapi mutu menjadi bukti akan kualitas itu sendiri.
Itulah yang menjadi prinsip yang dipegang teguh  Waka Kesiswaan SMA Taman Madya, Hary Soelistyowati. Menyadari jumlah siswanya yang belum terlalu banyak, ia bersama para guru di SMA Taman Madya yang lain bertekad melahirkan siswa-siswi yang hebat dan memiliki daya saing.
“Meskipun siswa kami sedikit tapi tidak kalah dengan yang lain. Karena kami sangat mementingkan kualitas dalam proses pembinaan dan pengajaran,” ujarnya.
Sebagai bukti kualitas siswa-siswi Taman Madya salah satunya dengan deretan prestasi yang dicapai oleh mereka. Dalam satu tahun terakhir tidak sedikit prestasi bergengsi yang diperoleh. Diantaranya adalah Juara 1 Kata Perorangan Junior Putri Kejurnas Karate Divif 2 Kostrad, Juara 2 Kategori Woman Junior Perlombaan Balap sepeda Tingkat Nasional Open Champion, Penghargaan Sebagai Pasukan Pengibar Bendera HUT Kemerdekaan RI di Balai Kota Malang Tahun 2018 dan Juara 1 Indonesian Cycling Federation ISSI Jatim Kategori Mountain Bike.  

Selain itu, prestasi yang terbaru di bidang olahraga adalah juara 1 Turnamen Futsal Season 4 se Malang Raya FEB, Universitas Wisnuwardhana dan Juara 2 Yuzu Futsal Championship 2019.
Kualitas siswa yang dimaksud Hary, yaitu pemantapan skill dan kompetensi, sehingga di berbagai ajang perlombaan siswa SMA Taman Madya bisa bersaing dengan sekolah lainnya. “Untuk program ekskul dilakukan seminggu sekali pada Hari Selasa sore. Latihan semakin ditingkatkan saat menjelang lomba,” terangnya.

Sebagai guru pembina ia selalu menekankan pada muridnya agar dapat mengambil pelajaran dalam setiap perlombaan. Tidak hanya mengejar gelar juara, lebih dari itu bisa memahami arti kemenangan dan kekalahan. “Menang dan kalah itu wajar, yang penting anak-anak tetap semangat. Menang tidak sombong dan kalah tidak kecil hati,” jelasnya.

Demikian juga bagi guru. Menurut Hary, perlombaan sebagai ajang untuk melatih kedisiplinan siswa, kerjasama tim dan memotivasi agar peserta didik memiliki kemauan yang kuat meraih masa depan yang lebih baik. “Olahraga juga membuat fisik mereka sehat,” kata dia.

Hary berharap, siswa-siswi SMA Taman Madya memiliki motivasi untuk menjadikan diri mereka semakin baik dari waktu ke waktu. Perbaikan tidak hanya di bidang akademik tetapi juga karakter dan keterampilan mereka. “Semoga selanjutnya ada prestasi-prestasi lain yang membanggakan bagi sekolah kami,” pungkasnya. (imm/sir)