Desain Architekture hi-Tech, Studi Banding ke Singapura


MALANG - Minimnya hotel bisnis di Indonesia, mendorong mahasiswa Program Studi Arsitektur Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang, Andry Putra Purna Irawan, membuat sebuah rancangan bangunan pada skripsinya yang bertema Architecture Hi-Tech. Pada konsep ini, Andry sapaan akrabnya membuat desain berbentuk kapal pesiar berdiri dilengkapi dengan taman dan kolam renang. Demi keberhasilan skripsinya tersebut, Andry bahkan melakukan study banding ke Oasia Hotel Downtown Singapura sebagai tipologi untuk dijadikan bahan acuan.
Perancangan Architecture Hi-Tech difokuskan pada lingkungan yang dipadati pebisnis tanah air hingga mancanegara seperti Kota Surabaya. Rancangan yang ditawarkan dalam wujud Geschaft Tower Hotel dengan beragam fasilitas yang dibutuhkan oleh para pebisnis sehingga selain untuk tempat menginap juga bisa digunakan untuk bertransaksi.
“Konsep yang saya tawarkan ini dikhususkan bagi para pebisnis, jadi perbedaannya terletak pada fasilitas, seperti meeting room, privat restaurant, bar, dan yang paling adalah tingkat keamanan yang tinggi,” ujar Andry.
Ide kreatif mahasiswa Kelahiran Situbondo, 14 Juli 1996 ini terasah sejak lama. Bahkan hingga kini ia sudah pernah menangani beberapa proyek diantaranya renovasi kampus STT Malang, Tongko Inn Resort and Spa, Lovina Villa, La Merry Resort and Appartement, Pamoi Bay Resort, dan lain sebagainya. Total sudah ada 23 proyek yang pernah Andry kerjakan, bahkan pengelamannya tersebut juga mengantarkan menduduki posisi strategis di perusahaan property, Sahabat Group Indonesia. (lin/sir/oci)

Berita Lainnya :