Please disable your adblock and script blockers to view this page


Digembleng Soft Skill


MALANG - Andriani Kamila Karsari dari prodi D-3 Teknik Listrik PLN meraih IPK 3,83. Pada awalnya dia tidak terlalu tertarik dengan PLN. Apalagi materi tentang kelistrikan juga tidak terlalu menguasai. Setelah mendapat support dari keluarganya,  ia tertarik untuk mengikuti tes Teknik Listrik yang memiliki ikatan dinas dengan PT PLN (Persero).
“Semua itu karena teman-teman di sekitar saya yang selau mendukung. Mereka asyik diajar belajar bersama dan saling membantu kalau mendapatakan kesulitan dalam belajar,” kata Andriani.
Prinsip yang ia pegang selama ini yaitu jangan pernah bersikap berlebihan. Termasuk menyikapi masalah ataupun tanggungjawab dalam menyelesaikan kewajiban. Baginya senang maupun susah adalah suasana yang harus dijalani apa adanya. “Yang bisa kompak sesama teman. Sehingga setiap masalah dapat diselesaikan dengan mudah,” ungkap Ani.  
Baginya, di dunia kerja pengetahuan bukanlah yang utama. Tapi yang paling penting adalah soft skill, seperti menumbuhkan jiwa kepemimpinan, bisa bekerjasama dalam tim, menghargai orang lain dan peka terhadap lingkungan. “Semua itu sudah diajarkan oleh dosen kami. Misalnya melalui materi Quality Manajemen System yang bisa dipelajari oleh seluruh mahasiswa Polinema,” ungkapnya. (imm/aim) 

Berita Lainnya :