Dorong Inovasi Mahasiswa, Unisma Gandeng Marcella Zalianty


MALANG - Unisma menjadi salah satu perguruan tinggi yang terus mendorong mahasiswanya dengan ‘softs skill’ kewirausahaan dan juga pengembangan karya-karya inovatif yang bermanfaat bagi masyarakat. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan mendirikan Rumah Kreatif. Unisma bahkan mengucurkan dana miliaran rupiah untuk mendukung kreativitas dari mahasiswanya.
Kali ini Unisma menggandeng rumah produksi industri kreatif yaitu Kreasi Anak Bangsa ‘Keana’ Production besutan seniman kenamaan Indonesia Marcella Zalianty. Keana Production sendiri merupakan salah satu wujud ‘Creativeprebeurship’ yang nantinya akan menjalin kerja sama dengan mahasiswa kreatif dari Unisma. Kerja sama kali ini dilakukan dalam bentuk penandatanganan MoU pada akhir sesi wisuda, Sabtu lalu.
Marcella Zalianty selaku pendiri dari Keana Production menyambut baik kerja sama dengan Unisma untuk memberikan manfaat bagi kedua belah pihak. Selain itu, tak lupa ia juga menyampaikan harapan kepada lulusan Unisma pada Wisuda ke-61 kali ini.
“Saya yakin wisudawan Unisma akan membawa kebaikan, yang bermanfaat tidak hanya untuk kita sendiri tapi juga bermanfaat bagi masyarakat,” ungkap seniman kelahiran 1980 tersebut.
Sementara itu Rektor Unisma Prof Dr Maskuri, M.Si menegaskan, sudah bukan masanya bagi lulusan Perguruan Tinggi masa kini hanya berkutat pada kepentingan sendiri. Melalui ilmu yang telah didapatkan semasa menempuh studi, para lulusan kini harus dapat memberikan peran positif bagi masyarakat.
Salah satunya adalah dengan menjadi wirausahawan, sebagai bidang yang dinilai mampu memberdayakan sekaligus meningkatkan kualitas masyarakat. Oleh karenanya, para lulusan harus makin kreatif dan inovatif meskipun sudah tak lagi berada di lingkungan Perguruan Tinggi.
“Lulusan Perguruan Tinggi tak boleh asik sendiri, tapi juga harus berani berperan pada peningkatan kualitas masyarakat,” tandas Maskuri di sela-sela pengukuhan Wisuda Ke 61 Unisma.
Apa yang disampaikan oleh Rektor Unisma terkait peran lulusan Perguruan Tinggi bagi masyarakat, diamini oleh perwakilan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti). Bagi para lulusan Unisma, pengukuhan kali ini merupakan langkah awal, jadi alangkah baiknya jika memulai peran yang bermanfaat bagi masyarakat.
“Saya sepakat dengan Rektor bahwa para lulusan harus mengambil peran untuk meningkatkan kualitas masyarakat,” pungkas Sekretaris LLDikti Dr. Widyo Winarso, M.Pd. (mg3/oci)

Berita Terkait

Berita Lainnya :