Gandeng Amazone Singapore, Unikama Siapkan Startup Baru


MALANG - Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama) saat ini menjadi salah satu Perguruan Tinggi yang terus mendorong mahasiswa untuk terus berinovasi dalam bidang kewirausahaan. Hingga saat ini, Unikama telah miliki sejumlah tim kreatif yang telah menghasilkan produk-produk kreatif hasil dari penelitian yang telah dilakukan sebelumnya.
Bahkan Unikama telah miliki kurikulum dan unit tersendiri terkait dengan inovasi dan kewirausahaan. Salah satu unit yang telah mendorong dan mewadahi inovasi mahasiswa adalah Pusat Bisnis dan Kewirausahaan.
Kali ini, Pusat Bisnis dan Kewirausahaan Unikama berupaya melakukan pengembangan pengetahuan terkait dengan startup pada para mahasiswa Unikama. Tak tanggung-tanggung, Unikama menggandeng sebuah perusahaan berbasis teknologi kelas dunia yaitu Amazone Singapore.
Pusat Bisnis  dan Kewirausahaan Unikama bekerja sama dengan Amazone Singapore untuk menggelar Training AWS Education, Senin (22/4) di Unikama. Pelatihan ini diberikan kepada segenap mahasiswa dari seluruh program studi.
“Semua program studi kita libatkan, karena membangun startup tidak harus mahasiswa IT atau yang berlatar belakang IT,” ungkap Ketua Pusat Bisnis dan Kewirausahaan Jacobus Wiwin , ST, S.Kom, M.Kom.
Pada kesempatan tersebut mahasiswa diberi pelatihan terkait dengan ‘creativepreneurship’ dengan kurikulum internasional. Materi pelatihan tersebut juga langsung diberikan oleh Head of AWS ASEAN Shang Gao.
Dengan mengusung tajuk ‘Start Your Start Up with Amazone Web Service’, Amazone Singapore memberikan motivasi dorongan sekaligus pengetahuan dalam bentuk kurikulum dalam pelatihan tersebut.
Tak hanya itu, mahasiswa yang mengikuti pelatihan nantinya akan mendapatkan akses terkait dengan infrastruktur dalam bentuk web service dan teknologi yang tentunya sudah berstandar internasional. Pelatihan tersebut tentunya disambut antusias oleh mahasiswa Unikama yang tertarik dengan pengembangan startup.
Sejauh ini, sejumlah mahasiswa Unikama sendiri sudah banyak yang mulai merintis startup, bahkan salah satu di antaranya berhasil diundang untuk menghadiri gelaran pameran startup level internasional di Selangor Malaysia pada Oktober tahun lalu.
“Mahasiswa kita sudah yang berhasil diundang pada even pameran internasional di Selangor Malaysia, dengan startup yang dirintis yaitu ezitrave,” terang Jacobus.
Dijelaskannya, ‘ezitrave’ merupakan startup yang dirintis oleh empat mahasiswa Unikama yang mengusung kemudahan dalam mencari paket wisata lokal Jawa Timur dengan aplikasi yang memudahkan pengguna. Tim tersebut juga merupakan bagian binaan dari Pusat Bisnis dan Kewirausahaan Unikama. (mg3/adv/oci)

Berita Lainnya :