Jarang Diminati, Ternyata 8 Jurusan Kuliah Ini Punya Peluang Kerja Tinggi Lho!


sumber : tagar.id
 
Ketika ditanya ingin melanjutkan kuliah ke jurusan apa, kebanyakan para calon mahasiswa cenderung memilih jurusan - jurusan favorit, seperti ekonomi, kedokteran, teknik, FISIP, dan bahasa. Namun nyatanya, jurusan - jurusan yang menjadi favorit nggak selalu menjamin masa depanmu akan sukses besar. Padahal ada beberapa jurusan yang jarang diminati, tapi punya kualitas bagus dan peluang kerja tinggi di masa depan. Kira - kira apa saja ya?
 
1.   Ilmu Aktuaria

sumber : ttyl.com.pe
 
Guys, kamu pernah mendengar jurusan ilmu aktuaria? Atau tidak asing dengan seseorang yang berprofesi sebagai aktuaris? Mungkin saat ini jurusan aktuaria masih sangat asing bagi masyarakat Indonesia. Tapi, tahukah kamu jika di luar negeri jurusan ilmu aktuaria sangat diminati oleh banyak orang? Bahkan sarjana ilmu aktuaria pun banyak di cari oleh berbagai perusahaan bergengsi.
 
Dengan kuliah ilmu aktuaria kamu akan mempelajari beberapa mata kuliah kombinasi seperti matematika, statistika, keuangan, membaca sebuah peluang, dan pemrograman komputer untuk mengelola risiko keuangan di masa depan. Tentunya ilmu-ilmu tersebut akan sangat berguna dan dibutuhkan oleh perusahaan asuransi. Jadi jangan khawatir, karena saat ini pemerintah Indonesia sendiri sudah mewajibkan kepada perusahaan asuransi agar memiliki satu atau dua orang aktuaris.
 
2. Ilmu Perpustakaan

sumber : tirto.id
 
Ketika mendengar jurusan ilmu perpustakan pasti pertama kali yang muncul di pikiranmu adalah jurusan kuno yang membosankan? Kamu salah besar! FYI, faktanya ilmu perpustakaan ini akan mengantarkanmu menuju kesuksesan. Wah, kok bisa? Yup, dengan memilih jurusan ini nantinya kamu akan mendapatkan ilmu tentang pengorganisasian, pengumpulan, pengawetan, dan penyebarluasan berbagai sumber informasi yang ada di perpustakaan.
 
Selain itu, kamu juga akan diajarkan tentang nilai ekonomi dan politis dari sumber informasi itu sendiri. Uniknya lagi, dengan menjadi sarjana ilmu perpustakaan akan membuatmu menjadi lulusan yang berwawasan tinggi. Ilmu ini bukan cuma kamu terapkan di perpustakaan saja lho, kamu juga bisa mengaplikasikannya di perusahaan untuk mengumpulkan dan mengorganisasikan sebuah arsip dokumen.
 
3. Ilmu Astronomi

sumber : islamidia.com
 
Di Indonesia jurusan ilmu astronomi mungkin masih sangat awam dan jarang diminati. Padahal dengan masuk ke jurusan ini kamu bisa melakukan banyak hal. Sebab, ilmu astronomi adalah salah satu ilmu yang mempelajari tentang fenomena alam yang terjadi di luar angkasa seperti bintang, bulan, galaksi, komet, meteor dan lainnya. Jangan salah, lulusan ilmu astronomi ini banyak dibutuhkan di lembaga - lembaga atau badan astronomi Indonesia dan Internasional, seperti BMKG dan NASA. Seru banget kan?
 
4. Desain Produk

sumber : hipwee.com
 
Jika kamu memilih jurusan desain produk, kamu akan mendapatkan ilmu tentang perancangan dan perencanaan produk yang memiliki nilai estetika dan nilai kegunaannya. Dalam jurusan ini kamu akan dituntut untuk selalu berinovasi dan bisa menciptakan sebuah produk agar bisa menarik perhatian masyarakat. Setelah lulus, kamu bisa mencoba melamar pekerjaan sebagai desainer produk di pabrik atau perusahaan, bisa membuka jasa konsultasi produk, dan membuka usaha sendiri.
 
5. Batra ( Ilmu tentang obat - obatan tradisional)

sumber : top10indo.com
 
Lagi, jurusan yang kurang diminati padahal punya peluang kerja tinggi adalah batra atau biasa dikenal dengan ilmu obat-obatan tradisional. Well, mungkin kamu akan beranggapan kalau jurusan ini terlalu kuno, namun sebenarnya peluang kerjanya sangat bagus untuk di masa depan. Selain itu kamu juga bisa menciptakan obat-obatan herbal dan tradisional baru. Bahkan saat ini banyak orang yang lebih mencari obat-obatan herbal dan tradisional karena dinilai lebih aman. Jadi, kamu bisa memanfaatkan peluang ini! Oh iya, menjadi seorang pencipta obat juga akan mendapatkan gaji yang tinggi, lho!
 
6. Oseanografi

sumber : kumparan.com
 
Oseanografi merupakan cabang ilmu yang mempelajari mengenai fenomena laut yang akan diaplikasikan ke berbagai bidang, seperti perikanan, mitigasi bencana, rekayasa lingkungan dan bencana laut. Dengan menjadi seorang lulusan oseanografi kamu akan mendapatkan ilmu tentang perubahan iklim dan dinamika situasi laut.
Menjadi negara yang mayoritasnya perairan, tentunya Indonesia akan semakin menguatkan sektor maritimnya dan membutuhkan lulusan Oseanografi. Jadi akan sangat relevan buat kamu yang ingin memilih jurusan ini.

7. Teknobiomedik

sumber : vanguardian.com
 
Dalam dunia kesehatan dan medis bukan hanya dokter dan suster saja lho yang sangat dibutuhkan. Nyatanya, biomedical engineer atau lulusan teknobiomedik akan sangat berperan dalam dunia kesehatan. Dalam teknobiomedik kamu akan mendapatkan ilmu tentang diagnosis, analisis, instrumen kesehatan dan rekayasa medis. Tidak heran jika jurusan ini akan sangat dibutuhkan di bidang kesehatan. Wah, keren ya!
 
8. Logistik

sumber : nenghepi.com
 
Mendengar adanya jurusan logistik kamu pasti akan merasa heran dan menganggap jurusan ini nggak recomended. Padahal peluang kerja untuk jurusan logistik ini sangat besar dan sangat dibutuhkan di banyak industri, seperti pelayaran, penerbangan, kargo hingga bidang kereta api.
 
Itu tadi ulasan tentang 8 jurusan kuliah yang jarang diminati namun punya prospek kerja yang bagus di dunia kerja kelak. Jadi, gimana setelah membaca artikel di atas? Masih menganggap remeh 8 jurusan di atas? Atau kamu tertarik ingin mencoba daftar di jurusan-jurusan tersebut?

Berita Terkait