Kampanye Malang Anti Kantong Plastik


SEKITAR 400 Siswa SMK Muhammadiyah 2 Tlogomas Malang,  Minggu (3/2)  lalu turun ke Jalan di kawasan Jalan Ijen. Aksi ini dilakukan sebagai wujud peduli lingkungan hidup. Isu yang diusung adalah Malang Anti Kantong Plastik (Malang Antik).
Dalam Aksi tersebut para siswa  membentangkan spanduk yang berisikan imbauan untuk mengurangi pemakaian bahan-bahan yang terbuat dari plastic. Mereka juga melakukan kegiatan mengambil  sampah yang berserakan di sepanjang jalan Ijen dengan menggunakan karung sebagai tempat sampah.
 Sementara itu  Lukman Hakim S.HI. M.Pdi. Koordinator Aksi yang juga Humas SMK Muhammadiyah 2 Tlogomas Malang mengemukakan, tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengajak masyarakat Malang mengurangi pemakaian barang apapun yang terbuat dari bahan plastic.
“Karena plastik merupakan bahan yang sangat sulit terurai sehingga selain akan merusak linggkungan juga tidak baik untuk kesehatan,” tegasnya.
Bagi sekolah sendiri kegiatan mengampenyakan tanpa bahan platisk bukan yang pertama kalinya di lakukan oleh siswa. Sejak dua tahun lalu, sekolah ini telah membentuk tim ramah lingkungan. Bahkan setiap tahunnya sekolah ini selalu mengikuti kegiatan green school yang diadakan oleh  Dinas Pendidikan Kota Malang.
Sementara itu Kepala SMK Muhammadiyah 2 Malang Nur Cholis S.Pd   menambahkan, kegiatan ini sangat positif sekali dan tentunya sangat bermanfaat bagi diri sendiri dan masyarakat.
“Dengan mengampanyekan sampah plastik dan melalui kegiatan di hari Minggu juga akan menjadi liburan edukasi bagi siswa,” kata dia.
Acara ini juga bagian dari promosi sekolah menjelang penerimaan peserta didik baru tahun ajaran 2019-2020. Targetnya, warga Malang raya yang sedang mengikuti kegiatan olahraga di kawasan  jalan Ijen ini akan mudah mengenali sekolah yang berada di kawasan Jalan Baiduri Sepah no 27 Togomas Malang.
“Dengan kegiatan ini saya berharap anak didik kami menjadi siswa yang berakhlakul Karimah sesuai dengan visi misi sekolah, dan menjadi anak yang hebat yang berguna bagi masyarakat,”  harap Nur Cholis S.Pd. (mp/sir/oci)
Sekolah sendiri  berencana aksi ini akan menjadi agenda rutin setiap tahunnya dengan tema yang tberbeda, kerena ini kegiatan ini  bagian branding yayasan lembaga pendidikan Muhammadiyah tlogosmas dalam aspek ekologi. (mp1/sir)

Berita Lainnya :