Kenalkan Teh Herbal Rambut Jagung


MALANG POST - Kelompok Kuliah Kerja Nyata (KKN) 142 Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) memberikan pelatihan pemanfaatan limbah jagung di Desa Sragi, Kabupaten Blitar. Merek
a membuat inovasi dari limbah jagung berupa Teh Herbal Rambut Jagung. Pelatihan diberikan langsung dosen UMM Vritta Amroini Wahyudi, yang merupakan Dosen di Fakultas Pertanian dan Peternakan UMM.
“Setelah diadakannya kegiatan seperti ini, kita harap mampumenciptakan desa yang mandiri dengan perekonomian sendiri. Dan untuk kedepannya, saya berharap tercipta produk sebagai ikon desa dari awal kegiatan seperti ini,” kata Vritta.
Bertani jagung, adalah salah satu mata pencaharian warga di Desa Sragi, dan merupakan tanaman dominan yang ada di sana. Maka dari itu, Mahasiswa KKN mempunyai keinginan untuk membuat inovasi terbaru, yaitu pemanfaatan limbah jagung, seperti rambut jagung. Dengan tujuan agar masyarakat desa khususnya Ibu-Ibu PKK di Desa Sragi bisa memanfaatkan limbah jagung sebagai produk bernilai jual.
Acara diawali dengan penjelasan manfaat rambut jagung sebagai bahan pembuatan teh yang berkhasiat dan terjangkau baik dari harga maupun proses pembuatannya.
Dilanjutkan dengan penyampaian sedikit materi oleh Mahasiswa KKN sekaligus praktek pembuatan rambut jagung menjadi teh. Mahasiswa juga memperlihatkan kemasan teh rambut jagung siap pakai yang kemudian diserahkan secara simbolik kepada ketua PKK Desa Sragi. Azizul selaku penanggungjawab mengatakan, dengan alasan jagung yang lebih dominan disini, diharapkan mampu dijual kepada perusahaan sebagai bibit unggulan.
“Dan berharap usaha seperti ini akan bisa diteruskan oleh warga masyarakat Desa Sragi dan berkelanjutan dengan memasarkan produk the herbal jagung ini,” imbuhnya. (oci/adv)