Laris Manis, 462 Tamatan Kerja Sebelum Lulus


MALANG - Luar biasa. Ini kata yang pas untuk SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi (SMK MUTU). Bukan karena siswa lulus 100 persen, tapi karena 462 dari 537 siswa yang diwisuda hari ini terserap kerja sebelum lulus di 54 perusahaan. Satu diantaranya perusahaan asing.
Puluhan perusahaan tersebut telah melakukan serangkaian test di SMK MUTU sejak Agustus 2018 sampai dengan bulan ini. Tinggi dan besar permintaan dunia usaha dan dunia industri (Dudi) terhadap lulusan SMK MUTU, tak lepas dari keunggulan, prestasi dan kompetensi yang dikuasai tamatannya.  Di tempat kerja, tamatan SMK MUTU  menunjukkan kinerja yang baik dan memuaskan bagi pelanggan. Memberi kontribusi positif terhadap kemajuan perusahaan.
“Hal ini yang mendorong beberapa perusahaan nasional dan internasional merekrut lulusan SMK MUTU,” kata Kepala SMK MUTU, H. Pahri, S.Ag. MM kepada Malang Post.
Menurut lulusan Talent Scouting Kepala Sekolah terbaik tingkat nasional itu optimis, 563tamatan tahun ini akan  mengikuti jejak sukses kakak kelas nya.
“Dengan catatan anak-anak mau bekerja keras, punya semangat, disiplin tinggi, pantang menyerah, tidak malas, mau belajar dan terus-menerus meng-update kompetensinya. Insya Allah di masa mendatang akan mendapatkan posisi penting dan karier yang strategis di perusahaannya,” kata Pahri optimis.
Dijelaskan Ketua Bursa Kerja Khusus  SMK MUTU, Drs. Handoko Suyitno, berdasarkan mapping tamatan SMK MUTU tahun 2019 diperoleh data, 462  bekerja sebelum lulus (86 persen), berwirausaha 5  (1 persen), melanjutkan ke Perguruan Tinggi 50 (10 persen) dan berada pada masa tunggu 20 (3 persen).
“Tamatan yang berada masa tunggu ini akan terus diupayakan untuk mengikuti serangkaian test oleh beberapa perusahaan yang akan dilaksanakan di bulan Mei sampai dengan Juli 2019 ini, ” ujarnya memberi informasi pada tamatan yang sampai hari ini belum mendapatkan pekerjaan.
Ditambahkannya, 54 perusahaan yang merekrut 462 tamatan SMK Rujukan Nasional ini, diantaranya, PT Jabil Malaysia, perusahaan yang bergerak di bidang elektronik dan Information Technology (IT). PT Insan Medika Persada Jakarta, jasa layanan kesehatan dan keperawatan. PT Multirasa Nusantara Surakarta, industri makanan dan minuman. PT Best Agro Internasional, perusahaan ini berada di  KalimantanTengah, usahanya bergerak di bidang pertanian dan perkebunan. PT Wira Angkasa dan PT Widya Citra, layanan jasa pramugari untuk pesawat udara dan kereta api dan PT Dana Mandiri Sejahtera Tanggerang Banten, bergerak di bidang perbankan dan finance. (aim/adv)