magista scarpe da calcio Lima Program Studi Unisma Kantongi Akreditasi A


Lima Program Studi Unisma Kantongi Akreditasi A


MALANG - Dari 29 program studi (prodi) yang ada di Unisma, baru lima yang mengantongi akreditasi A. Yang terbaru, Program Studi S-1 Akuntansi Fakultas Ekonomi meraih akreditasi A. Sementara 21 prodi terakreditasi B dan tiga prodi terakreditasi C.
Wakil Rektor I Unisma Prof. Drs. H. Junaidi, M.Pd, Ph.D menuturkan, pihaknya akan terus berusaha mengerek akreditasi menjadi A. Namun hal itu juga tidak secepat dan semudah membalikkan telapak tangan.
“Kita akan terus berusaha meningkatkan akreditasi di 24 prodi yang belum mendapat akreditasi A. Tentunya dengan aspek penilaian kualitas dosen, produktivitasnya dan terus memperbaiki fasilitas serta sarana dan prasarana seperti saat ini yang tengah berproses,” ujar Junaidi kepada Malang Post.
Dua fakultas yang berpotensi meraih akreditasi A, menurutnya adalah Fakultas Pertanian dan FKIP dengan jurusan Bahasa Inggris.
Diuraikan lebih lanjut, aspek yang harus ditingkatkan untuk menggenjot akreditasi yakni dari tenaga pengajar atau dosen. Dimana Unisma mengupayakan agar dosen melanjutkan pendidikannya untuk meraih gelar doktoral. Tak hanya itu, jabatan akademik seperti Profesor, Lektor Kepala, Lektor hingga Asisten Ahli juga menjadi salah satu syarat agar akreditasi A bisa diperoleh.
“Jadi semakin banyak dosen mendekati gelar Profesor akan berpengaruh juga pada penilaian akreditasi,” imbuhnya.
Selain itu Junaidi mengungkapkan, produktivitas dosen dalam membuat penelitian ilmiah dan telah diterbitkan di jurnal nasional yang terakreditasi dan jurnal internasional yang bereputasi juga menjadi acuan dalam penilaiannya. “Dengan begitu, kita kan genjot dosen untuk ke S3, bahkan kita akan dorong para dosen. Kita juga telah membentuk dua tim percepatan guru besar dan asistensi pengurusan jabatan akademi,” ungkapnya.
Saat ini, lanjutnya,  ada 14 dosen dengan jabatan guru besar yang dimiliki Unisma dan tujuh dosen yang sedang berproses. Pada tahun 2018 ini, ia juga menargetkan Intitusi menjadi A.
“Karena itu kita berharap institusi kita bisa mendapat akreditasi A,” tegasnya. Sementara itu, Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Islam Malang, Nur Diana, SE,  M.Si menambahkan, dua prodi yakni Akuntasi dan Manajemen telah meraih Akreditasi A.
“Ini merupakan pembuktian dari apa yang telah kita berikan kepada stake holder kami. Bahwa kami betul-betul mendapatkan penilaian yang sangat bagus. Terutama oleh lembaga yang kredibel yaitu, lembaga akreditasi BAN PT,” kata Diana. (eri/oci)

Berita Lainnya :

Copyright © 2018 Malang Pos Cemerlang