Please disable your adblock and script blockers to view this page


Mahasiswa Asing Terus Berdatangan


MALANG - STIE Malangkucecwara (ABM) terus mengembangkan sayapnya ke kancah internasional. Melalui programnya bidang  Indonesian Studies Program (ISP), STIE Malangkucecwara melakukan terobosan-terobosan dengan program strategis. Terutama yang berkaitan dengan kerjasama tingkat internasional.
Indonesian Studies Program Malangkucecwara School of Economics ISP-MCE, memiliki beberapa program yang sejauh ini telah berjalan dengan sukses. Direktur ISP MCE Suprapti M. Pd mengatakan salah satu program kerjasama tersebut dijalin dengan Universitas Kajian Internasional Kanda (Kanda University of International Studies) Jepang.
Bentuk kerjasama dituangkan dalam MoU yang disepakati sejak tahun 2010 lalu. Diantaranya Program Intensif BIPA selama satu bulan. Dalam program ini sejumlah mahasiswa dari Kanda University belajar Bahasa Indonesia di STIE Malangkucecwara. Demikian sebaliknya, mahasiswa ABM  belajar Bahasa Jepang Kanda University. “Untuk yang tahun ini BIPA Program intensif telah terlaksana bulan lalu, dan berjalan sangat baik. Kami kedatangan 29 mahasiswa dari Kanda University,” ujarnya.
Selain program intensif ISP-MCE juga mempunyai program student exchange. Kesepakatan kerjasama ini dimulai tahun 2012. Program pertukaran mahasiswa dilaksanakan selama satu tahun dengan dua mahasiswa dari masing-masing kampus. Saat ini ada dua mahasiswa STIE Malangkucecwara Malang yang diterima dalam program student exchange 2019 dan menjadi bagian dari 120 kontestan dari 30 negara.
Sejak tahun 2016, ISP-MCE telah berhasil menjadikan STIE Malangkucecwara sebagai provider dalam program Darmasiswa dari DIKTI dengan masa satu tahun. Dan hingga tahun ini telah ada beberapa mahasiswa asing yang belajar di STIE Malangkucecwara dari berbagai negara. “Kita akan terus kembangkan program ini. Semakin banyak mahasiswa asing yang mau belajar maka semakin baik,” imbuhnya.
Adapun program terbaru yang kini tengah digagas oleh ISP-MCE STIE Malangkucecwara yakni Jambore BIPA. Rencananya program ini akan dilaksanakan dengan menggandeng APP BIPA Pusat dan Balai Bahasa Jatim. Peserta Jambore BIPA berasal dari kampus Jawa Timur yang memiliki program BIPA. “Kami jadikan international day sebagai landasan dari program ini. Semoga bisa terlaksana dengan sukses,” harapnya. (imm/oci)

Berita Lainnya :