Mahasiswa Unisma Panen Prestasi Tingkat Nasional


MALANG - Universitas Islam Malang (Unisma) panen prestasi tingkat nasional. Belum lama ini, mahasiswa Unisma berhasil meraih prestasi tingkat nasional dalam kompetisi inovasi pengolahan pakan ternak di Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin. Berikutnya, prestasi kedua datang dari tim mahasiswa Jurusan Teknik Sipil Unisma yang berhasil merebut juara kedua dalam kompetisi Balsa Bridge di Universitas Langlang Buana Bandung, (4/8/19). Prestasi berikutnya disumbangkan mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) yang berhasil meraih juara kedua pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) cabang bela diri Taekwondo pada kelas dibawah 58 Kg Putra.
Rektor Unisma Prof. Dr. Maskuri, M.Si menyebut, mahasiswa akan terus didukung untuk berkiprah pada bidang keahlian sekaligus bidang akademik yang mereka tekuni, sehingga makin terpacu untuk terus meraih prestasi. Sebagai bentuk apresiasi Unisma, mereka akan mendapatkan beasiswa sesuai ketentuan SK Rektor.
"Mereka akan mendapat beasiswa potongan SPP, itu sudah lengkap diatur dalam SK Rektor. Ini sebagai salah satu upaya untuk memacu mereka agar makin berprestasi," ujar Maskuri ditemui Malang Post di ruang kerjanya, kemarin.
Adalah Ali Fatul Ulfah, Faiqul Mubarok, dan Syaiful Arifin. Tim dari mahasiswa Fakultas Peternakan Unisma yang berhasil meraih juara ketiga tingkat nasional pada kompetisi yang digelar oleh Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin tersebut.
Mereka berhasil mengolah limbah seperti dahan kelapa sawit, jerami padi, dedak hingga polar menjadi pakan ternak yang mengandung gizi lebih tinggi dibanding asupan ternak umum lainnya. Pengolahannya dilakukan dengan menggunakan fermentasi melalui cairan produksi Fakultas Peternakan Unisma.

"Kita bersaing dengan peserta dari 10 Universitas dari Kalimantan, Bali, NTB," kata Ali Fatul Ulfah usai diberi apresiasi oleh Rektor atas raihan prestasi timnya.
Terpisah, mahasiswa Jurusan Teknik Sipil Unisma yakni Moh. Agil Bagus dan RB. Moh. Ismail Huzain berhasil merebut juara kedua dalam kompetisi Balsa Bridge yang digelar oleh Universitas Langlang Buana Bandung pada 4 Agustus lalu. Mahasiswa angkatan 2014 dan 2016 ini berhasil  mengungguli 21 PTS maupun PTN dari seluruh Indonesia.
Wakil Dekan III Fakultas Teknik Unisma, Ir. Hj Unung Lesmana, MT mengungkapkan bahwa penilaian kompetisi tersebut meliputi beban berat yang dapat ditampung yang kemudian dibagi dengan berat jembatan.
Sementara itu, Muhammad Alwi Alhadad dari jurusan Bahasa Inggris FKIP Unisma yang berhasil meraih juara kedua pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) cabang bela diri Taekwondo pada kelas dibawah 58 Kg Putra. (mg3/adv/oci)

Berita Terkait