Mendikbud Bangga SMK Muhammadiyah 5


MALANG - Mendikbud RI Prof. Dr. Muhadjir Effendy, M.A.P meresmikan gedung baru Laboratorium Seni Dan Budaya SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen, Senin, (4/2/19). Batu prasasti ditandatangani Muhadjir dengan disaksikan Kepala SMK Muhammadiyah 5, para pejabat di Lingkungan Dinas Pendidikan Jawa Timur dan Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Malang.
Dalam kesempatan tersebut Muhadjir merasa bangga akan perkembangan dan kemajuan yang dicapai oleh SMK Muhammadiyah 5 yang kini telah memiliki gedung lab seni budaya dengan nama Kasman Singodimedjo. Ia berharap gedung tersebut dapat dimanfaatkan secara optimal untuk mengembangkan bakat dan potensi siswa di bidang seni.
“Harapan kami tentu gedung ini bisa dimanfaatkan dengan maksimal. Tidak hanya untuk siswa tapi bisa dijadikan sarana untuk kreativitas para pecinta seni yang ada di Kabupaten Malang,” ujarnya.  
Di gedung baru tersebut, mantan rektor UMM itu juga sempat menyaksikan langsung kemampuan siswa SMK Muhammadiyah 5 dalam bidang seni. Beberapa siswa menampilkan satu pertunjukan seni di hadapan menteri pendidikan, yaitu seni tari tradisional yang menceritakan kisah Roro Jongggrang.
“Bagus sekali penampilan mereka, sangat patut diapresiasi. Mereka telah menunjukkan bakat dan kemampuannya dengan sangat baik,” ungkap Muhadjir.
Ia juga menjelaskan, bahwa perhatian pemerintah di tahun 2019 beralih ke pengembangan Sumber Daya Manusia. Jika tahun sebelumnya fokus pada infrastruktur maka di tahun ini pengembangan potensi lebih kepada kompetensi.
“Karena infrastruktur itu pra sayarat saja, yang dibutuhkan saat ini SDM yang sesuai dengan perkembangan zaman,” ujarnya.
Dengan demikian, infrastruktur yang telah disiapkan bisa dikelola oleh SDM yang mumpuni. Dengan tujuan agar memberikan manfaat yang lebih besar di sektor ekonomi maupun sosial.
“Kemajuan suatu negara itu diawali dengan infrastruktur dan dilanjutkan dengan pembangunan di bidang lainnya, tidak ada negara yang maju tanpa dimulai dari infrastruktur yang kuat,” tandasnya.  
Ia mengatakan, sarana infrastruktur yang ada di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen juga termasuk untuk menunjang terbentuknya SDM yang berkualitas. Dalam hal ini lulusan-lulusan yang bermutu dan berdaya saing di era global.
“Tugas kita menyiapkan SMK yang betul-betul kapabel untuk terus maju mengisi pos-pos strategis di dunia kerja terutama di era rovolusi industri 4.0,” tutur Mantan Rektor Universitas Muhammadiyah Malang ini.