Pekan Ceria Ajak Anak-Anak Berkreasi


MALANG – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata ( KKN ) Universitas Muhammadiyah Malang 06 menggelar program akhir pekan ceria untuk anak-anak TK dan SD di Wonorejo, Poncokusumo, Kabupaten Malang. Mengajak murid- murid  TK, SD dan MI, acara yang dikhususkan untuk mengisi akhir pekan ini menjadi menyenangkan dengan berbagai lomba yang digelar, cerdas cermat, mewarna dan kreativitas origami.
Peserta siswa dari sekolah TK RA Al – Amin, SDN Wonorejo 1, SDN Wonorejo 2 dan Madrasah Ibtidaiyah  Al –Amin. Rangkaian acara akhir pekan ceria dimulai pada 26 Januari dengan senam bersama murid-murid TK Al-Amin, kreativitas origami dan mendongeng. 2 Februari di isi dengan kegiatan lomba mewarna di Balai Desa Wonorejo dan lomba cerdas cermat bertempat di TPQ Al – Azhar.
“Melihat fenomena dari dampak penggunaan gadget, kami berinisiatif membuat kegiatan akhir pekan ceria untuk meningkatkan kreatifitas siswa. Sekaligus mengajak orang tua murid untuk mengurangi penggunaan gadget pada anak, “ kata Ketua Divisi Pendidikan kelompok KKN 06 , Dhesy Puspitas Sari.
Dijelaskannya, pada kegiatan ini orang tua murid di minta hadir mendampingi anak-anak mereka yang mengikuti lomba. “Kami juga ingin  menginformasikan dan mengajak orang tua untuk lebih bijak dalam mengawasi anak dengan gadgetnya,“ terangnya.
Selain itu, Kelompok KKN 06 UMM juga memperkenalkan dongeng kepada para peserta akhir pekan ceria. Humas KKN 06 UMM Mutiara Rachamayanti menjelaskan, pendongeng yang didatangkan berasal dari komunitas Gendong (Gerakan Mendongeng).
“Dengan menggunakan media boneka tangan, dua pendongeng Indah Rahayuning Tyas dan A’lie Ilham Al-Mashuri menyuguhkan penampilan teaterikal kepada anak-anak peserta akhir pekan ceria,” jelasnya.
Anak-anak yang kebanyakan baru kali pertama melihat penampilan itu sangat antusias, bahkan saat diminta bernyanyi besama mereka juga semangat mengikuti instruksi dari pendongeng.  “ Temanya yang di usung ringan dan sederhana saja, yaitu menabung dan bagaimana belajar agar mendapat beasiswa,“ tambah Mutia
Kepala Desa Wonorejo Sokeh menyatakan, pentingnya untuk generasi muda mengikuti pelatihan dan kegiatan kekaryaan untuk kemajuan desa.  “ Kami akan selalu mendorong masyarakat untuk aktif mengikuti kegiatan yang postif untuk terus dapat berinovasi, “ jelasnya.
Diakhir pengabdian selama sebulan, mahasiswa binaan Drs. M. Jufri. ST. MT  selaku DPL juga menutup agenda pekan ceria dengan makan bersama. (mp5/sir/aim)

Berita Lainnya :