magista scarpe da calcio Pekerja Asing Bukan Ancaman


Pekerja Asing Bukan Ancaman



MALANG – Menghadapai era millennial, banyak yang harus disiapkan baik dari tenaga kerja maupun perusahaan. Untuk ini, mahasiswa sebagai calon tenaga kerja nantinya harus dibekali pengetahuan yang cukup.
Karena itu  Fakultas Ekonomi Unisma menggelar seminar nasional ‘Leadership for Millenial Generation’ dengan pembicara Pambudi Suharsinanto, MSc, MBA, Vice President Human Resource at Danone Aqua sekaligus Ketua Perhimpunan Managameen SDA Indonesia, kemarin.  
“Calon tenaga kerja yang punya potensi besar dalam menyesuaikan diri, mengimplementasikan perubaha-perubahan di era milenial ini ibaratanya adalah anak macan. Bila bisa menjadi pawang yang bagus, maka hasilnya akan bagus,” terangnya.
Namun, saat ini muncul persoalan dimana anak muda lebih cenderung merasa egois bila telah terjun dalam dunia pekerjaan. Belum mencapai tahap panjang, mereka telah menuntut banyak dari perusahaan.
“Belum apa-apa sudah minta kenaikan gaji. Padahal, karier adalah terlebih dulu berikan kontribusi terhadap perusahaan. Paradigma inilah yang harus dibedakan,” sambungnya.
Untuk ini, sebaiknya para tenaga muda dapat menyiasati dengan bekerja secara sungguh-sungguh dan belajar menyesuaikan tuntutan perusahaan. Sebaliknya, mereka dapat meminta kenaikan karier. Bila tidak tercapai, mereka dapat meninggalkan perusahaan.
“Sekarang ini sudah tidak ada lagi istilah pengabdian kepada perusahaan, tapi simbiosis yang saling menguntungkan. Perusahaan membantu, dan anak muda membantu,” ungkapnya.
Menaggapi maraknya pekerja asing yang berdatangan, Pambudi menilai hal tersebut justru sebagai hal yang positif. Tenaga asing yang memiliki kemampuan baik dapat menjadi sparing partner karyawan Indonesia, dengan catatan tenaga asing tersebut datang sesuai dengan regulasi  yang telah ditentukan.
“Mereka bukanlah ancaman. Jutru kalau sudah menjadi sparing partner, maka anak muda tidak akan lagi menjadi katak di bawah tempurung,” ujarnya. (ras/van)

Berita Lainnya :

Copyright © 2018 Malang Pos Cemerlang