Pencari Kerja Harus Kenali Perusahaan yang Dituju


MALANG - Pemimpin Redaksi Malang Post Dewi Yuhana menyampaikan materi pelatihan sukses memasuki dunia kerja kepada 83 mahasiswa peserta Yudisium Sarjana Fakultas Psikologi UMM. Bertempat di Aula BAU Kampus 3 UMM, Selasa (23/4), Hana, sapaan akrabnya, memotivasi dan berbagi sukses melamar pekerjaan.
Ia menjelaskan sebelum melamar kerja hendaknya calon pelamar mengetahui dan mengenal perusahaan yang dituju.
“Do your research, jangan sampai buta atau tidak tahu sama sekali perusahaan yang kita lamar, itu penting untuk bahan wawancara,” ucapnya.
Ia menambahkan, pengalaman dan skill menjadi sangat dipertimbangkan oleh perusahaan atau instansi. Oleh karena itu, calon pekerja harus pandai memarketingkan diri. “Sampaikan yang terbaik dalam diri anda, tapi jangan berbohong dan melebih-lebihkan,” tegasnya.
Yang tak kalah penting, kata dia, sesorang harus mencintai pekerjaannya, meskipun dirasa berat. Sebab di dunia kerja akan ditemukan banyak tekanan dan tuntutan dari perusahaan tempat bekerja. “Di saat tertentu kita bisa berada diposisi yang down karena tekanan. Maka harus bisa memotivasi diri agar kuat dan kembali bangkit,” tuturnya.
Ia melanjutkan, seorang karyawan yang baik selalu berpikir positif apapun kondisi dan suasana hatinya. Hal itu akan berdampak pada hasil pekerjaannya dan bisa menularkan virus yang positif terhadap rekannya yang lain. “Jangan tampakkan kalau kita lemah, agar rekan-rekan kita dalam satu tim di perusahaan tetap optimis,” terangnya.  
Hana juga menyampaikan beberapa tips lain agar calon lulusan UMM ini bisa melalui proses wawancara dengan ancar. Antara lain selalu kontak mata dengan lawan bicara, mengatur gestur dan tersenyum.  “Jangan sampai menjelekkan perusahaan yang lain dan jangan lupa sampaikan terimakasih atas kesempatan wawancaranya,” tambah dia.
Sebelum materi tentang Sukses Memasuki Dunia Kerja, sebelumnya para peserta yudisium juga diberikan pelatihan Sukses Rumah Tangga. Materi ini disampaikan oleh Dr. Diah Karmiyati, M.Si., yang juga Dosen UMM.
Wakil Dekan III Fakultas Psikologi, Zainul Anwar, M. Psi., Psikolog., mengatakan Pelatihan Sukses Memasuki Dunia Kerja dan Rumah Tangga dinilai perlu untuk diberikan kepada calon lulusan. Hal tersebut bisa menjadi bekal berharga bagi mereka yang akan lulus dan akan memasuki dunia kerja. “Sebelumnya juga ada beberapa pelatihan yang kami berikan, antara lain peningkatan kompetensi psikologi dan pelatihan studi lanjut. Karena para lulusan ini tentu ada yang akan melanjutkan studi S-2, bekerja atau langsung berumah tangga,” terangnya kepada Malang Post. (imm/oci)

Berita Terkait