Pilrek UM, Enam Calon Sudah Ambil Formulir



MALANG - Pendaftar di Bursa Pemilihan Calon Rektor (Pilrek) UM bertambah. Kalau sebelumnya tercatat empat pendaftar, kabarnya ada dua lagi yang sudah ambil formulir. Sumber Malang Post di UM menyebut, dua pendaftar tersebut adalah Prof Nurul Murtadho dari Fakultas Sastra dan Dr I Wayan Dasna wakil rektor 4 UM. Bahkan, kabarnya, Prof I Wayan Dasna bahkan diketahuinya telah melakukan tes kesehatan.
“Prof I Wayan Dasna tampaknya sudah tes kesehatan. Sebenarnya, saya juga mendengar selentingan satu orang lagi dari Fakultas Ilmu Pendidikan akan mendaftarkan diri, tapi hingga sekarang masih belum jelas infonya,” terangnya.
Seperti diketahui, sudah ada empat orang yang memastikan mendaftar pada Pilrek UM. Masing-masing adalah Dr Isnandar MT dosen Teknik, Dr Edi Sutaji MPd dari Teknik, Prof Dr AH Rofiudin MPd dari Sastra dan Prof Dr Daud MPd dari Sastra.
Sementara itu, dikonfirmasi Malang Post perihal langkahnya ikut mendaftarkan diri dalam Pilrek UM periode 2018-2022, Prof I Wayan Dasna mengaku belum mengajukan pendaftaran. Dia menambahkan, untuk sementara agar empat bakal calon yang sudah mendaftar diproses terlebih dahulu dan pendaftaran tentu masih terbuka. Saat ditanya apakah akan berencana mendaftarkan diri, dia menjawab secara eksplisit.
“Belum mendaftarkan diri, masih perlu merenung dan menunggu sampai batas akhir pendaftaran,” tutur Wakil Rektor 4 UM ini.
Terkait kabar mengenai dirinya melakukan tes kesehatan, Wayan sapaan akrabnya mengungkap hal itu dilakukannya semata untuk kesehatan saja. “Hal itu untuk kesehatan,” singkat Wayan.
Sementara itu, proses pendaftaran pilrek UM akan ditutup dua hari lagi. Meski begitu, empat bakal calon masih belum melengkapi 11 persyaratan dari enam syarat yang telah dipenuhi sebelumnya. Informasi dari panitia pilrek telah ada dua orang lagi dari UM yang mengambil formulir.
Ketua Panitia Pilrek UM, Prof Dr Ibrahim Bafadal MPd menegaskan, meski dikabarkan ada dua orang yang mengambil formulir, namun belum dapat dipastikan maju sebagai calon bakal rektor. Sebab, empat calon pendaftar sebelumnya bahkan belum melengkapi 17 persyaratan yang harus dipenuhi sebelum 10 Agustus mendatang.
“Sudah ada yang mengambil dua, tapi belum menyerahkan berkas, jadi tidak dikatakan pendaftar. Pendaftar pertama masih belum melengkapi, mungkin masih tes kesehatan dan bebas narkoba. Saya belum dihubungi oleh empat pendaftar apa mengalami kesulitan untuk memenuhi persyaratan, mungkin lancar-lancar saja,” terang Ibrahim.
Ibrahim menuturkan, semua calon pendaftar akan diketahui jika sudah mengembalikan berkas seluruhnya pada 10 Agustus hingga pukul 16.00 WIB. Setelah pendaftaran ditutup, proses berikutnya adalah tahapan verifikasi pada 13 Agustus dan akan diumumkan besoknya (14/8). Pada 16 Agustus akan dilakukan pengundian no urut yang harus terjaring minimal empat bakal calon. (ita/oci)

Berita Lainnya :