PPDB SMP, Pemilik Nilai 8 Dipastikan Aman


MALANG – PPDB jalur regular online telah selesai dilaksanakan dan hasilnya akan diumumkan di sekolah, Kamis (12/7) hari ini. Sekitar 2.761 siswa akan diterima di 27 SMP Negeri Kota Malang.
Pendaftar yang diterima pada jalur ini memiliki nilai yang cenderung tinggi dengan rata-rata paling mendominasi yakni angka 8. Sementara peserta didik yang mendaftar dengan menggunakan prestasi yang telah diverifikasi nilainya tidak menjadi patokan, pasalnya nama siswa tersebut sudah memiliki tanda bintang sehingga tidak terpengaruh dengan pergerakan nilai yang ada.
Panitia PPDB SMPN 8 Malang, Edi Purwanto, S.Pd, menyampaikan di sekolahnya kuota jalur reguler online sebanyak 97 siswa, sedangkan pendaftar sebanyak 199 calon. Untuk jalur prestasi sendiri yang bisa masuk adalah dari cabang olahraga.
“Prestasi dalam bidang olahraga ini akan dijadikan satu kelas, karena memang kami memiliki kelas olahraga. Jadi tidak hanya terdiri dari satu bidang saja melainkan bermacam-macam,” ujar Edi, sapaan akrabnya.
Sedikitnya ada 20 peserta didik yang mendaftar melalui jalur prestasi bidang olahraga di SMPN 8 Malang. Mulai dari bidang karate, renang, lari jarak jauh, tenis lapangan, wushu, dan lain sebagianya.
Sementara dari segi nilai yang diterima cukup tinggi yakni dengan rincian tertinggi 89.4 dan terendah 60.4. Siswa yang mendaftar di jalur regular online ini pergerakan nilainya cukup signifikan bahkan hingga pendaftaran hari terakhir nilai terus berubah.
Sementara di SMPN 9 Malang pendaftar yang masuk mencapai 206 siswa sedangkan yang diterima yakni 96 peserta didik. Dari keseluruhan pendaftar tersebut, sekolah tidak menerima jalur prestasi baik bidang akademik maupun non akademik.
“Hanya ada jalur reguler murni di SMPN 9 Malang. Namun nilai para pendaftar ini nilainya tergolong tinggi. Rata-rata di angka 8,” uajr Humas SMPN 9 Malang, Dwi Endah Puspitasari, S.Pd.
Ia melanjutkan, dari ke 96 siswa yang diterima itu nilai banyak di angka 8, sedangkan siswa dengan nilai 7 hanya ada 5 peserta didik. Itupun nilai terendahnya 79.8 berdasarkan data sementara yang sekolah pantau terakhir kali.
“Sedangkan nilai tertinggi yang diterima yakni 84.5. Memang nilai para pendaftar jalur reguler online jauh lebih tinggi dibanding dengan jalur wilayah, karena penilaiannya berdasarkan perangkingan nilai UNBK dan nilai rapor,” pungkas Endah. (lin/oci)

Berita Terkait

Berita Lainnya :

loading...