Prestasi Penting, Jujur Paling Utama


MALANG - SMA Laboratorium UM dikenal di Kota Malang sebagai salah satu sekolah yang selalu  mencetak siswa berprestasi terutama di bidang non akademik. Namun tak hanya itu saja, sekolah yang berdiri sejak tahun 1994 itu juga terus mengembangkan karakter siswa-siswinya.  
“Kita ingin ada ciri khas sekolah yang menonjol. Yang kita inginkan bukan hanya akademik dan non akademik, tapi juga karakternya juga harus dominan.  Karena melihat saat ini sangat perlu untuk anak-anak dan itu harus didukung oleh komponen sekolah,” terang Dra. Jumiati M.Pd., selaku Humas SMA Lab UM.
Untuk mewujudkan hal tersebut, SMA Lab UM terus membuat berbagai program untuk menunjang perkembangan karakter siswa-siswinya. Yang terbaru, yang telah berjalan selama satu tahun ini adalah diadakannya putra-putri berkarakter. Yang terpilih inilah yang nantinya diharapkan menjadi percontohan utama bagi seluruh siswa.
“Berjalan satu tahun ini, untuk yang kemarin hadiah utamanya ke Singapura Malaysia. Kita sudah membentuk paguyubannya jadi ini akan terus rutin berjalan tiap tahun.  Makanya, di sekolah ada pemilihan putra-putri berkarakter.  Tiap pagi selalu dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia raya, membacakan teks Pancasila. Itu juga yang kami tekankan untuk karakter dan jiwa patriot yang lebih kuat,” kata Jumiati.
Namun, Jumiati juga mengungkapkan, untuk bisa menjadi putra-putri berkarakter pun bukan hal yang mudah. Mulai seleksi awal saja, tiap calon putra-putri berkarakter harus mempunyai catatan yang baik dan tidak pernah mencatat pelanggaran.
“Masing masing kelas diwakili satu anak putra dan satu anak putri. Budaya SMA Lab kan budaya berkarakter. Mulai tahap seleksi administrasi saja sudah ketat. Siswa yang punya pelanggaran tatib tidak bisa mengikuti, pernah terlambat, pernah atributnya kurang, itu tidak bisa ikut.  Dan itu harus kesepakatan dari voting yang ada di kelas dan rekomendasi wali kelas. Terus dilihat juga literasi rajin atau tidak, sampai ibadahnya bagaimana,” ujarnya.

Berita Lainnya :