Ramu Serbuk Atasi Sakit Menstruasi


EtilenDibromida merupakan salah satu bahan baku pembuatan lilin dan juga cat, dan di Indonesia sendiri belum ada pabriknya. Jadi melalui penelitian dalam skripsinya, Ibra Moch. Isdes mencoba merencanakan pembangunan pabrik tersebut, untuk menyuplai kebutuhan dalam negeri yang kian meningkat.
Selain itu, sebelum mengerjakan skripsi Ibra telah menyelesaikan penelitian mengenai serbuk instan untuk ‘dilepen’ yang dialami oleh remaja putri. Terdiri dari bahan-bahan alami yang memiliki warna dasar merah seperti bayam merah, jambu biji merah, serta buah bit.
“Serbuk instan instan ini bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit yang muncul ketika menstruasi,” kata dia.
Sebelum membuat penelitian sendiri, Ibra juga turut serta dalam berbagai penelitian ketika dirinya menjadi asisten lab dan asisten penelitian Alm Prof. Puspo. Di mana ia terlibat dalam penelitian mengenai bioetanol dari alga merah dan spirulina, produk makanan dari spirulina, produk kosmetik dari spirulina serta budidaya terhadap spirulina itu sendiri.
Semasa kuliah Ibra juga pernah mengikuti seleksi OnMIPA pada tahun 2017 dan 2018 yang sampai hingga tingkat Provinsi. Kemudian ia juga mendapatkan beasiswa dari CIMB Niaga sebesar Rp 30 juta.

Rancang Mesin untuk Industri Dodol
Ajie Pangestu Sukirno merancang alat pengaduk dodol semi otomatis berdiameter 60 cm. Maksud dari semi otomatis di sini adalah material dari dodol yang masih dimasukkan secara. Mesin tersebut memiliki kapasitas 5 kg, di mana waktu yang dibutuhkan sekitar 4,7 jam.
“Alat pengaduk dodol ini selain semi otomatis juga mudah untuk dipindahkan,” ungkapnya.
Tujuan utama dari pembuatan alat tersebut adalah diperuntukkan bagi UMKM, lantaran harganya yang cukup terjangkau yaitu hanya pada kisaran Rp 5 juta. Alat tersebut masih dilanjutkan pemgembangan beserta penelitiannya, karena masih membutuhkan daya listrik yang cukup besar.
Semasa kuliah, Ajie aktif pada Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Taekwondo serta pernah menjadi asisten lab. (mg3/oci)

Berita Lainnya :