Seribu Kursi Jalur Mandiri Polinema

 
MALANG – Usai bersaing dalam Ujian Masuk Politeknik Negeri (UMPN) dan Penelusuran Minat dan Kemampuan Politeknik Negeri (PMDK-PN) Mei lalu, peserta yang belum beruntung diterima di Polinema masih berkesempatan bergabung di jalur mandiri hingga 27 Juli mendatang.
Berdasarkan data jumlah pendaftar, Kamis (12/7), sebanyak 2.230 orang telah mendaftar melalui laman http://spmb.polinema.ac.id. Tiga prodi yang paling banyak diminati yakni D4 Teknik Informatika dengan 346 pendaftar, 336 pendaftar jurusan D4 Akuntansi, dan 130 pendaftar jurusan D3 Administrasi Bisnis. Jumlah ini akan terus bertambah, bahkan setiap tahun ada sekitar 4000 pendaftar yang bersaing di jalur ini.
“Seluruh peserta akan menjalani tes tulis untuk menempati 1.106 kursi yang disiapkan di jalur mandiri. Sedangkan kuota mahasiswa baru tahun ajaran ini masih tergolong tetap dengan 3.128 orang,” ujar Pembantu Dekan 1 Polinema, Supriatna Adhisuwignjo ST MT kepada Malang Post, kemarin.
Seleksi tulis di jalur mandiri akan berlangsung pada 28 Juli yang dilaksanakan dengan dua bidang yakni rekayasa dan tata niaga. Pada bidang rekayasa yang diperuntukkan untuk kelompok saintek, peserta harus menyelesaikan materi tes meliputi matematika, fisika, kimia, bahasa Inggris dan bahasa Indonesia mulai pukul 08.30-11.00 WIB. Sedangkan bidang tata niaga yang diperuntukkan untuk kelompok soshum, peserta harus menyelesaikan materi tes meliputi bahasa Inggris, bahasa Indonesia, ekonomi, matematika dan akuntansi.
“Peserta dari IPA dapat memilih seluruh prodi bidang rekayasa dan tata niaga, dan peserta dari IPS hanya diijinkan memilih bidang rekayasa saja, sedangkan peserta dari SMK diperbolehkan memilih di dua bidang sesuai jurusan di SMK. Prodi favorit dari tahun ke tahun masih diduduki oleh akuntansi dan teknik informatika,” ungkap pria berkacamata ini.
Tahun ini maba yang diterima di dua prodi favorit yakni akuntansi dan teknik informatika berkesempatan mengikuti kelas internasional yang disediakan Polinema. Termasuk bagi mahasiswa baru yang diterima melalui jalur UMPN dan PMDK-PN lalu. (ita/oci)

Berita Terkait

Berita Lainnya :