SMK Muhammadiyah 2, Sekolah Berbasis Industri


MENCETAK lulusan dengan skill mumpuni menjadi target SMK Muhammadiyah 2 Malang. Lulusannya disiapkan untuk menghadapi tantangan hidup dan persaingan dalam dunia kerja. Oleh karena itu,  SMK Muhammadiyah 2 memiliki program unggulan sebagai bekal siswanya saat mereka lulus.
Program unggulan yang dimiliki SMK Muhammadiyah 2 Malang diantaranya Kelas Ramayana, Kewirausahaan, Smuds Mart, Sertifikasi LSP Kompetensi Keahlian dan Kelas Olimpiade.
"Program unggulan yang kita miliki sebagai penguatan untuk mendorong SMK Muhammadiyah 2 dalam melahirkan lulusan yang berdaya saing," ucap Waka Humas Lukman Hakim S.Hi. M.Pdi.
"Semua program tersebut bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dan keterampilan siswa," sambungnya.  
Lukman menjelaskan, Kelas Ramayana berisi program yang tersinergi dengan dunia usaha dan industri.  Diterapkannya program ini diharapkan siswa bisa memahami dan belajar menguasai dunia kerja secara riil melalui materi yang diajarkan guru.
"Dengan sinergitas tersebut diharapkan materi yang diajarkan dalam kelas bisa langsung diaplikasikan," ungkapnya.
Adapun program kewirausahaan, lanjut Lukman, berisi pengajaran tentang prinsip-prinsip dasar berwirausaha. Program ini telah menghasilkan banyak produk karya siswa berupa olahan makanan dan minuman. Dalam hal ini,  guru tidak hanya mengajarkan proses produksinya,  melainkan sampai pada tahap memasarkan produk.  
"Salah satunya yang telah dihasilkan siswa SMK Muhammadiyah 2 berupa  minuman herbal dalam kemasan kunir asem dengan label Smuds," sebutnya.   
Program kewirausahaan tersebut dikuatkan dengan adanya sarana Smuds Mart. Sarana ini sebagai media pembelajaran dalam pengeloaan bisnis dalam pemasaran dan manajerial.
Smuds Mart telah diangkat dari program TEFA (Teacing Factory) dan juga sebagai central bisnis SMK Muhammadiyah 2 Malang.
"Manfaatnya untuk menyiapkan siswa menjadi wirausahawan yang handal ketika terjun di masyarakat," terang Lukman.
Sedangkan Sertifikasi LSP Kompetensi Keahlian merupakan program sebagai sarana untuk mengukur kompetensi siswa. Skill dan keterampilan siswa SMK muhammadiyah 2 dapat dibuktikan melalui sertifikat yang didapatkan siswa sesuai kompetensi keahlian masing-masing. Adapun untuk mengembangkan minat dan keahlian siswa dalam bidang pelajaran tertentu, SMK Muhammadiyah 2 Malang telah membuka kelas olimpiade. Kelas ini sebagai sarana yang diberikan sekolah kepada siswa yang berbakat dalam bidang akademik. Seperti Matematika, IPA dan lain sebagainya.
"Sehingga kelas ini selalu siap untuk ditampilkan dalam beberapa perlombaan baik di tingkat regional, wilayah dan nasional," pungkasnya. (imm/sir/oci)

Berita Lainnya :