Spray dan Powder, Praktis Dibawa Kemana-mana


MALANG - Averrlim’s Ekstrak Herbal Averrhoa Bilimbi's Dry & Shampoo, bermula dari ide kreatif lima mahasiswa STIE Malangkucecwara, Zuhrotul Laili, Siska, Ainun Navisha, Indriyani dan Mahendra Restu Aji. Mereka ini tengah bersiap mengikuti seleksi Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Kewirausahaan tingkat nasional. Bahan utama yang digunakan untuk membuat Averrlim's daun Blimbing Wuluh dengan memanfaatkan kandungan flavonoid dan saponin yang ada di dalamnya.
Daun Blimbing Wuluh diekstrak hingga berbentuk sebuah serbuk, kemudian dikeringkan dalam kurun waktu tertentu agar siap dijadikan sebuah produk dry shampoo. Produk yang telah siap digunakan tersedia dalam dua jenis yakni spray berukuran 100 ml dan powder dengan berat 35 gram.
"Dengan kemasan spray dan powder, Averrlim's praktis untuk dibawa kemana-mana. Bisa masuk ke dalam tas maupun kantong serta pengaplikasiannya mudah tanpa ribet," ujar Siska, salah satu anggota kelompok.
Dijelaskan Siska, cara pemakaian Averrlim's spray sangat mudah yakni dengan hanya menyemprotkan saja pada rambut secara merata, kibaskan hingga kering dan kemudian sisir. Sedangkan untuk jenis powder cukup usapkan pada rambut, gunakan brush agar merata secara maksimal dan kemudian sisir rambut.
‘’Meski pemakaiannya tanpa dibilas menggunakan air, namun jangan khawatir. Lantaran Averrlim's tidak akan meninggalkan bekas kotoran karena kandungannya yang mudah menyerap ke dalam rambut. Selain itu, untuk penggunaan sehari-hari akan jauh lebih praktis tanpa melibatkan air sama sekali,’’ terangnya.
Kandungan flavonoid dan saponin yang dipadukan dengan beberapa bahan alami lainnya ini mampu merawat rambut agar tetap lembut, menghilangkan ketombe dan menghindarkan rambut dari lepek. Pemakaiannya sendiri tergantungan kebutuhan, karena bahan yang digunakan alami sehingga aman meski penggunaannya secara terus menerus.
Meski diciptakan oleh lima mahasiswa namun jangan khawatir, lantaran Averrlim's telah melalui pengujian di laboratorium. Bahkan kelompok ini telah melakukan enam kali percobaan demi mendapatkan komposisi yang tepat. "Untuk masing-masing jenis baik spray maupun powder, kami ada dua varian yakni original dan lavender," tegas Siska.
Kemasan Averrlim's didesain menarik dan disertai beragam informasi. Mulai dari deskripsi produk secara singkat, kandungan, cara pemakaian dan produksinya. Masing-masing kemasan dipasarkan dengan harga Rp 15.500. Selain lebih hemat dibandingkan shampoo pada umumnya, setelah diaplikasikan juga rambut akan tampak lebih bersih dan wangi berkat kandungan lavender.
"Blimbing Wuluh yang kami manfaatkan adalah daunnya untuk menjaga keberlangsungan produk. Selain itu juga antara daun dan buah keduanya memiliki kandungan yang sama," tutupnya. (lin/lim)