Sukses Rancang Pendirian Pabrik Plastik


MALANG - Meningkatnya permintaan akan bahan plastik, tidak sebanding dengan jumlah pabrik yang beroperasi di Indonesia. Hal ini membuat mahasiswi Teknik Kimia ITN Malang, Nur Aulia Hamzah tertarik untuk melakukan pra rencana pabrik yang dituangkan dalam skripsi berjudul Butadiene dari N-Butane dengan Proses Dehydrogenasi Houdry Kapasitas 50.000 ton/tahun.
Dalam pra rencana pabrik ini, Aulia sebelumnya telah melakukan survei lokasi di Cilegon Banten untuk melihat kelayakan area demi memberi kebermanfaatan bagi masyarakat. Namun pada perencanaan ini juga disertai kendala dari segi alat dan apakah memiliki prospek yang bagus untuk lima tahun kedepan.
“Kami merancang pabrik, utilitas berupa steam, kelayakan air, listrik, bahan bakar, dan prosesnya bagaimana perlu diperhitungkan. Untuk penelitian bentuk perusahaannya Perseroan Terbatas (PT) dengan struktur organisasi berbentuk staff dengan rencana awal 164 karyawan,” papar wisudawan terbaik dengan IPK 3.95 ini.
Dari hasil perhitungan ekonomi diperoleh harga TCI Rp 1.236.292.024.571, ROIBT 29 persen, ROIAT 20.5 persen, POTBT 2.5 tahun, POTAT 3.3 tahun, BEP 57.94 persen, IRR 20.5 persen. Dari hasil tersebut pabrik Butadine yang dicanangkan oleh Aulia layak didirikan. (lin/sir/oci)

Berita Lainnya :