Tanamkan Semangat Jiwa Nasionalime Sejak Dini


MALANG – Memperingati Hari Kartini, para siswa KB-TK Islam Al- Ghoniyyu Malang mengenakan pakaian adat Jawa. Kegiatan itu untuk menanamkan semangat jiwa nasionalisme dan kebangsaan para siswa sejak dini.
Kegiatan yang bertajuk “Dengan Semangat Kartini Kita tingkatkan Kreatifitas Anak-anak” digelar di sekolah yang berada di Jalan Danau Bratan Timur VII /G15 Malang, Senin (22/4) pagi.
Kepala Sekolah TK Al-Ghoniyy Sutarwiningsih menuturkan, pihaknya selalu menggelar kegiatan yang bersifat nasionalis dan berbudaya Indonesia di Hari Kartini.
“Sekitar 85 murid serta wali muridnya mengikuti acara berbagai lomba dalam rangka memeriahkan Hari Kartini,” kata perempuan yang biasa disapa Wiwien kepada Malang Post.
Dijelaskannya, kegiatan ini salah satu bentuk pengembangan mental dan karakter anak-anak menjadi lebih baik dan percaya diri.
“Melalui kegiatan ini anak-anak bisa menampilkan kreativitasnya di atas panggung. Sehingga dapat mengasah mental anak,” ucapnya.
Dalam kegiatan ini wali murid ikut berperan dalam lomba, karena lomba yang digelar yakni ibu dan anaknya.
“Kali ini kegiatannya berbeda, tahun lalu lomba digelar dengan menampilkan individu per anak, sekarang lomba didampingi oleh orang tuanya,” tuturnya.
Lomba yang digelar antara lain,  fashion show, puisi, hafalan doa sehari-hari atau surat pendek, hafalan asma’ul husna, senam, dan tari. Semua lomba diikuti anak beserta orang tuanya. Lomba kali ini diadakan dengan grup, yaitu per kelas masing-masing. Hal ini bertujuan supaya tidak ada rasa individulisme dan mejalin kebersamaan dan kekompakan terhadap sesama wali murid lainnya. Selain itu kegiatan ini bertujuan untuk menghindari bullyan, karena dengan adanya lomba berkelompok seperti ini maka timbulah rasa senang terhadap sesama.
Wiwien berharap dengan perayaan Hari Kartini ini, para siswa dan siswi makin tumbuh rasa cinta terhadap tanah air Indonesia. “Ini untuk membekali mental anak-anak dalam berkreasi di depan umum supaya terbangun atas kepercayaan dirinya,” terangnya.
Salah satu wali murid, Kharisma Cakrawarti merasa senang dengan kegiatan yang diadakan oleh TK anaknya.
“Dengan ini anak kecil akan mengetahui siapa RA Kartini itu, dan dari acara ini si anak akan merasakan rasa nasionalisme. Kemudian disini juga diadakan lomba bersama orang tuanya, sehingga hal tersebut bisa melatih kreativitas dan kekompakan anak dengan orang tuanya,” tandasnya. (mp4/sir/aim)

Berita Terkait

Berita Lainnya :