Terbiasa Berbuat Baik di Sekolah, Lulusan Diminta Istiqomah


MALANG - Sesungguhnya salatku, ibadahku, hidup dan matiku hanya untuk Allah, Tuhan Semesta Alam. Itu salah satu bait ikrar yang diucapkan dengan lantang oleh 89 siswa kelas 6 SD Muhammadiyah 4 Kota Malang. Ikrar tersebut mereka ucapkan usai dikukuhkan sebagai lulusan dalam acara wisuda,  Rabu (12/6).  
Ucapan ikrar sebagai bentuk komitmen lulusan untuk dapat istiqomah dalam mengaplikasikan ilmu dan amal yang diamanahkan almamater mereka. Kalimat ikrar yang diucapkan siswa mengandung makna yang begitu dalam.  Bahwa segala hal dalam hidup seorang muslim seluruhnya disandarkan kepada Allah, sebagai wujud dari sikap kepasrahan diri.
Kepala SD Muhammadiyah 4 Kota Malang,  Hana Ayudah, S. Pd mewanti-wanti agar para lulusan tetap menjaga nilai-nilai karakter yang selama enam tahun ditanamkan oleh guru.
“Kami bangga ketika nanti mendapatkan lulusan SD Muhammadiyah 4 menjadi pribadi yang tetap dengan kebiasaan baiknya,” ucapnya.
Selama di sekolah para siswa didekatkan dengan ibadah. Meskipun sederhana tetapi mengandung nilai mendalam dalam pembinaan akhlak peserta didik. “Harapan kami anak-anak tetap menjaga tahajudnya, salat duhanya dan tetap rajin membaca Alquran,” terang Hana.  
Hal lain yang ditegaskannya yakni tentang menutup aurat. Terutama bagi para siswa, hijab menjadi keharusan yang menunjukkan identitas diri sebagai muslimah. “Jangan sampai lulus dari SD Muhammadiyah 4 lepas hijab. Karena memakai hijab sebuah keharusan,” pesannya.
Hana berharap lulusan SD muhammadiyah 4 menjadi kebanggaan orang tua. Baik saat berada di bangku pendidikan maupun saat berada di tengah masyarakat.  “Sementara di tingkat SD tugas kami sudah selesai. Sebagai pemimpin masa depan, mereka sudah kami imbangi antara nilai intelektual dengan nilai-nilai spiritual dan sosialnya,” ungkapnya kepada Malang Post.  
Pengawas PAI dari Dinas Pendidikan Kota Malang, Hj. Nur Dhuhati,  M.Pd.I turut memberikan motivasi kepada para lulusan.  Ia berpesan agar lulusan SD Muhammadiyah 4 tetap dekat dengan Alquran. “Luangkan waktu setiap saat dengan membaca Alquran  meskipun satu ayat. Niscaya Allah akan membimbing kalian dalam segala urusan,” ucapnya saat memberikan sambutan.  
Sebagaimana yang disampaikan oleh Kepala Sekolah, Nur Dhuhati juga menegaskan akan pakaian yang rapi dan menutup aurat. Karena itu bagian dari syariat agama Islam. “Pakailah hijab sebab itu bukan peraturan muhammadiyah atau aisyiyah,  tapi ini aturan Allah,” tegasnya.
Sekretaris PDM kota Malang,  Prof. Dr.  Tabroni menuturkan, ciri siswa muhammadiyah yakni berprestasi akademik serta beriman dan bertakwa pada Allah. “Di tengah kemajuan yang pesat dengan berbagai pengaruhnya, mereka tetap teguh dalam beragama.  Ditambah dengan kecerdasan intelektual mereka siap bersaing di era global,” terangnya.  
Ia pun berharap demikian, terhadap siswa-siswi SD muhammadiyah 4. Dengan bekal iman dan ilmu mereka dicetak sebagai generasi yang percaya diri namun tetap bersikap tawaduk. “Tingkatkan prestasi kalian di masa yang akan datang,” imbuhnya. (imm/oci)

Berita Lainnya :