Terimakasih MTs Negeri 1 Kota Malang


MALANG - Raut muka Heriyanto, RT 1 RW 2 Desa Dawuhan Lesti Kecamatan Poncokusumo Kabupaten Malang tampak bahagia. Sebab warganya mendapat bantuan hewan kurban berupa seekor sapi dan kambing berukuran jumbo dari MTs Negeri 1 Kota Malang. Ia mengungkapkan perasaan gembiranya saat rombongan MTs Negeri 1 Kota Malang tiba di desanya, Selasa (13/8). Pada awalnya ia tidak menyangka, mendapatkan bantuan yang dinilainya sangat istimewa tersebut.
"Tidak ada kata lain, selain kami ucapkan matur nuwun (terima kasih,Red) atas bantuan MTs Negeri 1 Kota Malang, kami sangat senang sekali," katanya.
Hewan kurban ini diberikan kepada warga setempat dalam rangka Bakti Sosial MTs Negeri 1 Kota Malang, yang dilaksanakan rutin dua tahun sekali. Salah satunya dilaksanakan di Hari Raya Idul Adha 1440 Hijriyah dengan memberikan sumbangan hewan kurban. Bantuan tersebut diberikan kepada warga di daerah-daerah pelosok yang minus. Adapun bantuan kali ini diberikan kepada warga Desa Dawuhan Kecamatan Poncokusumo.
Dikatakan Heriyanto, RT 1 RW 2 Desa Dawuhan terdiri dari 56 KK. Mayoritas warganya berpenghasilan dari bertani. Pendapatannya pun tidak menentu. Di lokasi baksos, terlihat berdiri beberapa rumah warga. Diantaranya masih ada yang dari anyaman bambu.
"Warga kami terbilang masih kurang mampu. Sehingga kami bersyukur menerima bantuan ini, semoga menjadi berkah bagi semuanya," ucapnya.
Dalam baksos tersebut, MTs Negeri 1 Kota Malang juga memberikan bantuan untuk perbaikan Musala di dua RT Desa Dawuhan. Yakni di RT 1 sendiri dan RT 21 RW 2. Tidak hanya itu, juga diberikan bingkisan berupa sembako dan layanan pemeriksaan kesehatan dan obat gratis di lokasi acara.  
Ungkapan terimakasih juga disampaikan oleh Tokoh Masyarakat yang juga Mudin di Desa Dawuhan, Muhammad Hamsan. Ia berharap di waktu yang akan datang, MTs Negeri 1 Kota Malang juga memberikan bantuan kepada warga dari dusun-dusun lain yang ada di Desa Dawuhan.
"Beberapa warga kami di dusun lain juga terbilang layak mendapat perhatian. Semoga bantuan selanjutnya dari MTs Negeri 1 bisa disalurkan kesana," ungkapnya.
Kepala MTs Negeri 1 Kota Malang, Drs. Samsudin, M.Pd., merasa bahagia bisa kembali melaksanakan bakti sosial di daerah yang membutuhkan. Di balik kebahagiaan yang ia rasakan, hatinya juga merasa bangga bisa mengantarkan siswa-siswi MTs Negeri 1 Kota Malang berjumpa dengan warga yang perlu untuk dibantu. Sebab, kata dia. dari situlah, akan tumbuh nilai pembelajaran yang sangat berharga dalam pembentukan budi pekerti dan karakter yang baik.
"Ada nilai kepedulian pada sesama, nilai persaudaraan, yang paling penting menumbuhkan rasa syukur anak kepada Allah akan karunia nikmat yang mereka dapatkan selama ini. Salah satunya dengan cara berbagi pada sesama," ungkapnya.
Hewan kurban diberikan secara simbolis oleh Drs. Samsudin, M.Pd selaku Kepala Madrasah, Ketua Komite MTs Negeri 1 Kota Malang, Muchtar Abdul Karim, Waka Humas MTsN 1 Kota Malang, Mas'udi, M.Ed. kepada M. Hamsan, selaku tokoh masyarakat setempat. Hewan kurban langsung disembelih dan dagingnya dibagikan kepada warga.  (imm/oci)