UM Siapkan Modal untuk Wirausaha Mahasiswa


MALANG – Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) UM sampai saat ini terus dievaluasi tingkat keberhasilannya. Terlebih mulai banyak mahasiswa yang mengikuti program ini dengan proses seleksi ketat. Tak tanggung-tanggung, UM juga memberi stimulasi permodalan untuk mengembangkan bisnis mahasiswa ini.
“Dari tahun ke tahun setidaknya ada 20 mahasiswa yang diseleksi, syaratnya mereka sudah memulai usaha. Dari UM sendiri ada sedikit stimulasi permodalan, antara Rp 5 juta-Rp10 Juta,” ujar Wakil Rektor II UM, Dr Syamsul Hadi MPd kepada Malang Post.
Dia melanjutkan, tujuan PMW mulai dari penguatan wirausaha yang sudah dirintis hingga nantinya menjaring mahasiswa yang sudah berwirausaha. Mahasiswa yang terdata memiliki usaha kemudian diseleksi, kemudian dilanjutkan pada tahap pembinaan.
“Pembinaannya mulai dari sisi teknis kewirausahanan, manajemen, bisnis plan, sampai pengawasan pengembangan wirausahanya,” ungkapnya.
Pada akhir April nanti, UM akan menyelenggarakan pameran wirausaha yang akan diikuti oleh 80 wirausaha UM. Peserta sendiri juga sudah melalui tahap seleksi sebelumnya. Meski begitu, seluruh jenis usaha mahasiwa berkesempatan mengikuti pameran wirausaha tersebut.
“Bisa apa saja, tidak harus start up. Start up kan bagi mahasiswa yang memiliki jenis usaha yang baru. Mahasiswa yang memiliki usaha online, juga dapat bergabung, tentunya melalui proses seleksi,” tandasnya.
Selama pameran dilaksanakan nanti, UM akan membidik tiga sasaran yang akan dicapai, mulai dari unjuk kerja mahasiswa yang baru memulai usaha, mahasiswa yang sudah memiliki usaha berjalan, serta alumni UM yang dapat bergabung untuk ikut pameran sekaligus share pengalaman.
“Diharapkan nantinya mahasiswa yang belum memulai usaha setelah berkunjung di stand pameran dapat terinsipirasi dan termotivasi membuka usaha,” tuturnya.
Syamsul membeberkan, selain PMW, untuk menunjang kewirausahaan mahasiswa, UM juga menyiapkan PKM Kewirausahaan yang hasil akhirnya bagi mahasiswa yang terpilih akan mendapat pembinaan. Pembinaan tersebut nantinya akan diarahkan ke PMW dan yang terbaik akan diikutkan pameran wirausaha dan bisnis mahasiswa tingkat nasional. Skema kewirausahaan yang sudah sejak 30 tahun lalu dimulai terus dievaluasi tingkat keberhasilannya.
 “Selama dua tahun berturut-turut UM mampu memenangkan pameran wirausaha dan bisnis mahasiswa tingkat nasional di Pontianak dan UB dengan juara bidang usaha mahasiswa. Salah satu yang terkenal dari UM, mahasiswa kita dapat mengoptimalkan usaha online guling atau guru keliling,” tuturnya bangga. (mg3/oci)

Berita Terkait

Berita Lainnya :