Unisma Kuatkan Karakter dalam Master Maba


 
MALANG – Semangat pendiri Unisma dalam tiga karakter utama yakni ilmiah, keislaman dan bela negara, ditanamkan secara konsisten dan rigid untuk mahasiswa barunya. Masih dalam rangkaian acara Oshika Maba, kemarin (13/9), kegiatan Masa Transformasi dan Pembangunan Karakter bagi Mahasiswa Baru (Master Maba) dibuka oleh Wakil Rektor III Bidang Unisma Dr. Ir. H. Badat Muwakhid, MP. Setiap Rabu selama 17 minggu, seluruh mahasiswa baru akan mendapatkan penguatan dalam tiga karakter tersebut.
“Sikap ilmiah mahasiswa terwujud dalam setiap tindakan, dimana seorang mahasiswa harus memiliki sikap bijak dan mengutamakan aspek logis, jujur dan sportif. Cirinya bisa dimulai dari tata bicara yang terstruktur dan faktual, serta cara berfikir yang universal,” ujarnya. 
Sebagai kampus Islam, mahasiswa Unisma dituntut untuk memegang teguh karakter keislaman. Memang tak bisa spontan, namun dalam satu semester ke depan mereka dituntut untuk ada perubahan sikap. Karakter Indonesia ditanamkan melalui komitmen bela negara untuk membentuk mahasiswa yang memiliki keyakinan tinggi pada ideologi Pancasila.
“Selama satu semester, mereka harus mencari bakat apa yang bisa mereka lakukan untuk mengisi kemerdekaan, baik dalam bentuk seni ataupun olahraga,” sambungnya.
Di awal pelaksanaan Master Maba, mahasiswa diberikan pre-test mengenai pandangan terhadap Indonesia. Di akhir semester nanti, mahasiswa diwawancara untuk mengetahui pendapat mereka tentang andilnya sebagai warga negara.
“Kalau pemahamannya masih belum cukup, harus mengulang lagi tahun depan. Untuk evaluasi ini kami fasilitasi satu dosen untuk 25 mahasiswa yang akan bertanggung jawab dari awal pre-test hingga hasil akhir, seperti mengajar dengan beban dua SKS,” sambungnya.
Kegiatan ini, lanjut Badat, diwujudkan dalam bentuk ceramah, diskusi, membuat proposal ilmiah, dan olahraga. Selain itu, mahasiswa yang tidak berminat pada seni dan olahraga, diwajibkan setiap minggu membuat artikel dan tulisan mengenai berbagai macam isu dan bela negara. Mahasiswa juga diarahkan untuk aktif membuat proposal PKM untuk mengasah diri dan berorientasi pada produk.
Berlangsung setiap hari Rabu pada pukul 06.00 WIB hingga 10.00 WIB, otomatis membuat jadwal kuliah mahasiswa baru masih akan berlangsung di hari Sabtu. Hal ini dilakukan oleh Unisma sebagai bentuk penekanan yang kuat, rutin, dan terstuktur dan mahasiswa baru dapat mengikuti kegiatan Master Maba secara konsisten. (ras/adv/oci)
 

Berita Terkait

Berita Lainnya :