USBN SD Juga Ada Soal Penalaran Berpikir Tingkat Tinggi

MALANG- Tak hanya di jenjang SMP dan SMA, tingkat SD pun tengah melaksanakan berbagai persiapan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) yang diselenggarakan pada 22 hingga 24 April 2019 mendatang. Tiga mata pelajaran yang akan diujikan adalah Bahasa Indonesia, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).
Dalam USBN nantinya akan ada soal HOTS atau penalaran berfikir tingkat tinggi. Untuk itu, mulai semester genap siswa kelas VI tengah digelontor beragam soal untuk meningkatkan kemampuan. Tak ketinggalan SD Kauman 1 Malang, bahkan lebih banyak melatih soal uraian agar saat ujian tiba siswanya telah siap dan tidal kaget.
"Anak-anak sudah dilatih soal esai melalui try out 1-3. Bahkan di Try out ke-4 ada dua kategori soal pilihan ganda dan 5 soal uraian. Sejauh ini nantinya mereka menjawabnya tetap di komputer hanya penilaiannya uraian tetap secara manual," terang Kepala SDN Kauman 1 Malang, Dra. Umi Kulsum, M.Pd, kemarin.
Secara teknis siswa kelas VI SDN Kauman 1 Malang sudah dilaksanakan sosialisasi penggunaan komputer saat ujian. Persiapan sekolah ini bahkan telah mencapai 95 persen, tersedia 60 unit komputer yang bisa digunakan untuk 120 siswa. Artinya, pelaksanaan USBN bisa terlaksana dua sesi.
Terkait USBN tersebut wali murid juga telah menerima sosialisasi dari SDN Kauman 1 Malang. 
Pun demikian dengan guru juga telah menerima sosialisasi bagaimana mengoperasikan komputer untuk ujian. Tak hanya itu, para guru juga mendapatkan pengetahuan bagaimana mengirim soal dan mendownload yang nantinya di konsumsi siswa dalam latihan soal. "Pemantapan secara materi kelas VI akan mendapatkan bimbingan belajar pendalaman usai jam pelajaran berakhir, dengan durasi 1 jam hingga 1,5 jam," pungkasnya.
Sementara try out internal sekolah akan dilaksanakan sebelum try out kota. Rencananya try out kota berlangsung pada 11-13 Februari mendatang, try out kedua pada 25 sampai 27 Februari dan try out ketiga pada 4 sampai 5 Maret 2019. (lin/udi)
 

Berita Terkait