Adu Wawasan di Ranking 1


MALANG - Tak hanya ajang adu bakat dan kreativitas, Malang Post School Competition (MSC) 2017 juga bakal menjadi ajang adu wawasan. Melalui lomba bertajuk Ranking 1, siswa SMP dan SMA se-Malang Raya akan berlomba memperebutkan gelar siswa terpintar.
Ajang adu wawasan ini mendapat antusias tinggi dari sekolah-sekolah di Malang Raya. Beberapa sekolah bahkan sengahja mengirimkan anak didik terbaiknya untuk mengikuti Ranking 1. Salah satunya SMP Islam Sabilillah.
"Kami mengirimkan beberapa peserta yang sudah biasa mengikuti olimpiade, terutama di bidang ilmu sosial. Kami melakukan persiapan khusus menjelang pelaksanaan Ranking 1. Sepulang sekolah, anak-anak tersebut kami genjot mengerjakan soal-soal tambahan agar wawasan mereka semakin terasah,” ujar Wakasis SMPI Sabilillah, Kurnia Islamiyah.
Ia mengaku sangat mengapresiasi MSC 2017 karena telah memberikan kesempatan pada siswanya di segala bidang, baik di bidang non-akademis, maupun akademis. "Saya bersyukur, acara ini terlaksana kembali. Anak-anak hingga kini tak pernah mengeluh lelah saat berlatih mengerjakan soal. Justru mereka lebih giat lagi setiap harinya. Tak ada tekanan dari pihak sekolah, mereka menyukainya," sambungnya.
Ia berharap saat hari H nanti siswanya tetap tenang ketika menghadapi pertanyaan yang dilontarkan. "Saya ingin mereka tetap fokus dan tenang, agar bisa berpikir dengan baik. Saya ingin mereka mengerahkan seluruh kemampuannya dan melupakan sejenak target kemenangan saat berkompetisi," pungkasnya.
Pelaksanaan Ranking 1 akan dibagi beberapa sesi selama MSC 2017 digelar. Masing-masing sesi yang digelar akan diikuti minimal 50 siswa. Pendaftaran Ranking 1 sendiri masih terus dibuka hingga satu jam sebelum kompetisi dimulai. Untuk soal yang akan diajukan dalam kompetisi ini merupakan wawasan umum.  
"Soal-soalnya bukan mengenai pelajaran tertentu. Tapi lebih kepada wawasan umum yang tentunya disesuaikan dengan kemampuan seluruh peserta. Jadi siswa SMP yang mengikuti Ranking 1 jangan takut kalah bersaing dengan siswa SMA. Begitu juga untuk peserta SMA, jangan terlalu percaya diri bisa mengalahkan siswa SMP," ujar PIC Ranking 1, Rida Ayu Nabila. (gz1/nda)

Berita Lainnya :