All Out Demi gelar Juara

 
MALANG – Choir Competition menjadi salah satu ajang yang ditunggu-tunggu dalam Malang Post School Competition (MSC) dari tahun ke tahun. Tak heran jika tim paduan suara sekolah berlomba-lomba tampil all out untuk meraih gelar juara dalam pesta pelajar terbesar di Malang Raya ini. 
Dalam technical meeting yang digelar di Graha Malang Post, kemarin sore, Penanggungjawab Choir Competition, Robby Wijaya menyebutkan, masing-masing tim wajib menyanyikan satu lagu nasional dan satu lagu bebas.
“Untuk lagu bebas, boleh lagu populer maupun lagu daerah. Yang penting tidak sampai melebihi waktu tampil yakni 12 menit,”  ujar Robby.
Untuk memaksimalkan penampilan seluruh tim, panitia juga memberikan kesempatan check sound dan panggung sebelum tampil.
"Check sound dapat dilakukan pada tanggal 14 November malam sesudah acara di panggung selesai dan tanggal 15 November pagi sebelum rangkaian acara MSC dimulai. Cukup diwakilkan pelatih dan beberapa anggota saja tidak perlu semua,” sambung mahasiswa UM ini.
Dilaksanakan dalam satu kategori, alias tidak membedakan peserta SMP dan SMA, Choir Competition MSC 2017 tentu menjadi kompetisi yang sengit bagi peserta. Tak terkecuali bagi tim paduan suara dari SMAK Frateran Malang, PantaRhei Choir. Ternyata, MSC 2017 menjadi lomba pertama dimana mereka harus bersaing dengan siswa SMP. 
"Selama ini kalau ikut lomba selalu dalam satu kategori, lawannya setara anak SMA semua. Di MSC, kami sama sekali nggak meremehkan, malah semakin tertantang karena kami nggak tahu bagaimana kapasitas paduan suara dari SMP. Mereka kan juga pasti berlatih dengan baik," ujar salah satu anggota PantaRhei Choir, Alexa Jasmine Nugraha. 
Siswi kelas XI ini juga mengaku, merelakan waktu luangnya untuk latihan suara sendirian di rumah. Keinginan untuk menang sangat besar, harus jadi yang terbaik dari yang baik lainnya.
"Fokus pas latihan, jaga pola makan biar suara tetap stabil dan istirahat cukup adalah kunci supaya tim paduan suara tetap punya suara khas dan kompak. Aku mau jadi yang terbaik, usahanya ya nggak setengah-setengah," ungkap gadis yang akrab disapa Jasmine ini.
Hadir pula Simple Choir, tim paduan suara dari MTS Muhammadiyah 1 yang telah mengikuti Choir Competition untuk ketiga kalinya. Banyak pengalaman berkompetisi yang tidak didapatkan dari selain MSC 2017. 
"Kami bisa tahu kemampuan tim paduan suara lain, aransemen mereka, kreativitas mereka ya dari MSC. Kompetisi ini keren, pesertanya bener-bener berkualitas dan totalitas. Kali ini, kami ingin dapat juara dan prestasi, karena itu latihan lebih sering tapi tetap istirahat yang cukup," ujar Jihan Alzadina, salah satu anggota Simple Choir. 
Meskipun harus bersaing dengan siswa SMA, Jihan tidak merasa pesimis atau minder, ia dan timnya tetap percaya diri untuk menampilkan perpaduan suara terbaik mereka.
Sementara itu, hari ini giliran peserta Band Competition mengikuti TM di Malang Post pukul 16.00. Kompetisi ini berhasil menarik perhatian puluhan band yang terdiri dari ratusan siswa SMP dan SMA di Malang Raya.
Salah satunya adalah band dari SMAN Taruna Nala Jatim, Vertikal yang sudah mempersiapkan timnya dengan latihan ekstra. 
"Kami sudah mempersiapkan lagu, kami juga menambah jadwal latihan dan mencoba tampil di depan teman-teman asrama. Pihak sekolah juga sangat mendukung, kami diberikan keringanan untuk dapat latihan di studio luar sekolah dengan didampingi salah seorang guru," ungkap salah satu anggota Vertikal, Aldi Prabu Jaya.
Setelah Band Competition, besok adalah giliran TM untuk IdolCompetition. Dilaksanakan di tempat dan jam yang sama, TM akan dihadiri oleh ratusan siswa berbakat yang telah terdaftar sebagai peserta lomba menyanyi solo MSC 2017 ini. Informasi lebih lanjut mengenai pelaksanaan TM dapat diakses di Instagramofficial @genzimalangpost, atau menghubungi Nabilla (0822-3389-3154) dan Robby (0856-4955-2415). (bla/nda)

Berita Lainnya :