Penampilan dan Ekspresi Juga Penting!


 
MALANG - Sudah bukan rahasia lagi kalau Malang Post School Competition (MSC) 2017 mewadahi banyak banget bakat dan kreativitas pelajar Malang Raya. Salah satu bakat yang diwadahi oleh pesta pelajar terbesar di Malang Raya ini adalah olah vokal, yakni melalui Idol Competition. Kemarin, peserta Idol Competition memadati Graha Malang Post untuk mengikuti kegiatan technical meeting (TM). Nggak hanya penjelasan teknis, mereka juga diberi pemaparan tentang aspek penilaian.
Berbeda dengan tahun sebelumnya, tahun ini Idol Competition mengadakan audisi untuk menyaring peserta terbaik. So, yang akan tampil di Graha Cakrawala nanti adalah 20 peserta terbaik.
"Audisi nanti akan diadakan di Cyber Mall tanggal 4 Oktober 2017 mulai pukul 12.00. Melalui audisi ini nantinya akan dipilih 20 peserta terbaik," ujar Kru GenZi, Robby Wijaya.
Lagu yang dinyanyikan peserta nantinya hanya dibatasi lagu berbahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Jadi gengs, kalian jangan sampai nyanyi Despacito ya! Kan bahasa latin tuh.
Durasi maksimal waktu yang diberikan panitia pada peserta yang tampil adalah 5 menit, nggak boleh lebih.
"Waktu 5 menit itu sudah harus sama persiapan di atas panggungnya juga. Jangan sampai molor, karena yang akan tampil banyak. Kalau sampai melebihi batas waktu maka konsekuensinya lagunya akan terpotong sebelum selesai," sambungnya.
Untuk kostum saat tampil, peserta dibebaskan memakai pakaian apapun asal rapi dan sopan. Kalau bisa sih ya, kostum disesuaikan dengan isi lagu, kan nggak lucu kalian nyanyi lagu galau kostumnya colorfull.
"Untuk menunjang perform kalian juga diperbolehkan membawa alat musik sendiri. Misalnya ada yang bisa main gitar atau harmonika untuk mengiringi lagu its okay, pokoknya nggak mengganggu waktu 5 menit kalian," tegasnya.
Ada empat aspek penilaian yang perlu diperhatikan peserta, yakni kualitas suara, penampilan, kesesuaian nada, dan ekspresi.
"Aspek penampilan ini nggak hanya dari seberapa bagus kostum kalian tapi juga tentang ekspresi dan penguasaan panggung. Kalian harus bisa menguasai panggung agar suasananya hidup dan tidak membosankan. Kalau kalian hanya nyanyi di tempat nggak bergerak sama sekali di atas panggung ya jadi nggak bisa tinggi nilainya," imbuhnya.
Idol competition MSC 2K17 akan memilih sebanyak 20 besar dari seleksi audisi, kemudian selanjutnya akan dipilih sebanyak 6 pemenang saat tampil di Graha Cakrawala November mendatang.
Peserta diharapkan mengirimkan minus one sebelum tampil. Bisa dikirim melalui official emali Genzi Malang Post, atau hubungi kak Robby (085649552415). So, kami tunggu kalian di Cyber Mall dan tunjukkan kalau kamu lolos untuk tampil di Graha Cakrawala! (*/nda)