Sigap Buru Momen, Siapkan Stamina Ekstra


 
MALANG - Peserta Student Photographer Competition bakal ditantang untuk berburu moment terbaik dalam Malang Post School Competition (MSC) 2017. Dalam satu hari, mereka wajib mengumpulkan lima foto pilihan untuk dilombakan. Untuk mendapat foto terbaik, selain harus sigap di setiap momen, mereka juga harus menyiapkan tenaga ekstra.
Ini disampaikan oleh Redaktur Foto Malang Post, Guest Gesang saat pembekalan peserta Student Photographer Competition yang digelar pada technical meeting (TM), Minggu (22/10) lalu.
Guest menyebutkan, kemampuan membidik momen menjadi senjata utama bagi para fotografer muda untuk menghasilkan karya terbaik. Namun hal itu tidak akan berguna kalau tubuh mereka tidak fit.
“Persiapkan fisik kalian untuk hunting foto selama tiga hari berturut-turut. Meski di lokasi indoor, tetapi kita tidak pernah tau medannya seperti apa. Karena itu, wajib hukumnya sebelum datang ke lokasi acara kalian sarapan dulu. Kalau tidak bertenaga, bisa-bisa saat memotret, tangan kalian gemetar. Kalau sudah begitu, foto kalian nggak bakal bagus. Pasti ngeblur semua,” ujar Guest.
Selain fisik, hal lain yang tak kalah pentingnya untuk dipersiapkan adalah perlengkapan. Usahakan persiapan dilakukan satu hari sebelum pelaksanaan lomba. Jangan lupa cek baterai, lensa dan tentu saja memori.
"Jangan sampai lensanya ketinggalan, atau batreinya lupa belum di-charge, atau bisa jadi semua lengkap tapi memorinya ketinggalan di rumah. Nggak lucu kan, kalian di lokasi lomba seperti  macan ompong," lanjutnya yang disambut dengan gelak tawa peserta.
Dalam kegiatan tersebut, Guest juga membeberkan tentang ciri-ciri foto jurnalistik kepada peserta. Selain harus memiliki komposisi yang pas, foto juga harus mengandung cerita atau pesan yang ingin disampaikan dalam satu frame tersebut.
"Satu lagi, foto jurnalistik itu simplicity. Maksudnya, foto harus terlihat simpel tapi punya pesan yang jelas. Percuma kalian foto ngeblur belakangnya, cantik objeknya, kalau pesannya nggak bisa tersampaikan. Berarti bukan foto jurnalistik. Sebisa mungkin cari momen yang unik di sana, pasti ada, banyak. Jangan terpaku pada acara di panggung saja," sambungnya.
Usai mendapat wawasan dan banyak pengrtahuan seputar fotografi, peserta digiring seperti biasa untuk melakukan sesi foto bersama. Technical meeting selanjutnya akan digelar untuk choir competition pada 26 Oktober mendatang di Kantor Malang Post, pukul 16.00 WIB. Jangan lupa ya buat perwakilan peserta choir, persiapkan dirimu dan be on time ya gengs! (*/nda)

Berita Lainnya :