Cari Jawaban Lewat Buku

BANYAK orang tidak betah di Perpustakaan karena kegiatan di luar jauh lebih menyenangkan. Namun Fitria Ayu Ramdhani malah sebaliknya. Dia sangat suka berlama-lamaan di perpustakaan. Maklum selain tuntutan pekerjaan, gadis asli Kauman Kota Batu ini sangat hobi membaca.
Kegemarannya membaca buku ini membuat Fitria Ayu Ramadhani, Pustakawan SMAN 2 Batu ini memilih mendalami ilmu menjadi pustakawan. Keseharian berkutat dengan buku-buku, bagi orang lain dipandang sebagai hal yang menjenuhkan, namun tidak dengan Dhani, panggilan akrab Fitria Ayu Ramadhani.

Semakin lama di dekat buku, Dhani merasa banyak tahu. Biasanya, dia banyak memiliki pertanyaan dan harus mencari jawabannya pada buku.
“Saya paling suka membaca buku tentang fotografi, karena sesuai dengan minat,” ujar Dhani. Perempuan lahir 2 April 1992 ini awalnya hanya mengikuti arahan dari orang tua untuk menjadi seorang Pustakawan.
Namun lama kelamaan, Dhani seolah memahami dan suka membaca buku. Termasuk mengetahui bagaimana membaca buku yang benar dan merawat buku agar tidak gampang rusak.

Dengan menjadi pustakawan, setiap hari ia membaca buku, hingga ia menjadi banyak tahu tentang berbagai ilmu dan informasi terbaru dari buku. “Selain itu juga dengan para siswa SMAN 2, karena mereka paling sering datang ke perpustakaan,” ujarnya.
Dia tidak senang ketika melihat pengunjung tidak mematuhi peraturan perpustakaan. “Karena tidak menyelesaikan tanggungjawabnya, ya tugas kita selalu memperingatkan tanpa bosanbosan,” ujarnya.
Di luar pekerjaannya, Dhani juga aktif dalam berbagai organisasi social. Salah satunya adalah Zona Bening yang tidak pernah berhenti untuk memberikan edukasi lingkungan kepada anak-anak. (dan/feb)

Berita Lainnya :